Vaksinasi Dosis 1 Kota Malang Capai 70,09 Persen

Sep 21, 2021 10:10
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Target Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk segera mencapai pemenuhan herd immunity 70 persen vaksinasi Covid-19 di akhir September 2021 mendatang terus dioptimalkan.

Saat ini, capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Malang telah berada di angka 70,09 persen. Hal ini dinilai cukup bagus, meski proses pelaksanaan vaksinasi terus digencarkan untuk pemenuhan dosis kedua.

"Untuk dosis pertama alhamdulillah sudah 70,09 persen. Sedangkan dosis kedua kita sudah 48,52 persen," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif.

Husnul menjelaskan, pihaknya hingga saat ini masih terus berupaya agar pemenuhan target herd immunity kedua dosis vaksinasi bisa dicapai akhir bulan ini. Diantaranya, tetap menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi di masing-masing fasilitas kesehatan (Faskes) di Kota Malang.

"Kita tetap berusaha dosis satu dan dosis dua bisa seimbang. Jadi, selain menuntaskan yang di Koarmada (serbuan vaksin untuk dosis kedua) kami juga secara reguler di masing-masing Faskes. Baik itu puskesmas, rumah sakit dan klinik untuk menuntaskan dosis dua ini," jelasnya.

Apalagi, menurut Husnul saat ini stok terakhir vaksin Covid-19 yang tersedia sebanyak 106.213 dosis. Jumlah ini juga sebagai upaya untuk terus memenuhi capaian vaksinasi.

Disamping capaian tersebut, dosis ketiga untuk booster tenaga kesehatan (Nakes) saat ini dikatakan Husnul, sudah mencapai 86,6 persen. "Jumlah vaksin yang tersedia terakhir stok kita 106.213 dosis, gabungan ya, dari Sinovac sama AstraZeneca," terangnya.

Meski capaian vaksinasi di Kota Malang dosis pertama sudah tinggi, dalam hal ini, Husnul tetap meminta warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, vaksinasi merupakan penunjang immunitas tubuh.

"Selama protokol kesehatan ini bisa dijalankan oleh warga Kota Malang, maka Covid-19 ini bisa berhenti," tandasnya.

Topik
vaksinasi kota malangdiskominfo kabupaten pamekasanDinkes Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru