PPKM Level Jawa-Bali Diperpanjang 2 Pekan, Ada Uji Coba Masuk Mal bagi Anak Usia di Bawah 12 Tahun

Sep 20, 2021 19:10
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Youtube).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Youtube).

JATIMTIMES - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level di Jawa-Bali kembali diperpanjang. Namun, kali ini pemerintah memperpanjang selama dua pekan ke depan terhitung mulai 21 September 2021.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual Senin (20/9/2021) petang. 

Kabar baiknya, untuk wilayah Jawa-Bali tak ada lagi daerah dengan level 4 pada pelaksanaan PPKM Jawa-Bali. "Dari berbagai perbaikan, tidak ada lagi kabupaten/kota di level 4 di Jawa  dan Bali. Semua pada level 3-2," ujar Luhut.

Dengan kondisi penanganan covid-19 yang semakin baik inilah, penerapan PPKM di Jawa-Bali dilakukan selama dua pekan. Namun, tetap akan dievaluasi tiap satu pekan dan di luar Jawa-Bali tiap dua pekan sekali.

"Perubahan PPKM Level dilakukan selama dua minggu untuk Jawa-Bali. Namun evaluasi tetap dilakukan setiap minggu untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat. Kami tidak akan melakukan perubahan-perubahan drastis, karena kita tidak ingin membuat kesalahan," jelas Luhut.

Walaupun seiring dengan semakin baiknya implementasi protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang terus berjalan, ada beberapa penyesuaian dan pengetatan aktivitas masyarakat yang terus dilakukan pelonggaran.  Di antaranya, mulai dilakukan uji coba di pusat perbelanjaan atau mal untuk dikunjungi anak-anak di bawah usia 12 tahun. Kemudian, kategori bagi pengunjung bioskop yang diizinkan bagi wilyah PPKM Level 3 dan  Level 2 kini untuk yang berwarna hijau dan kuning di aplikasi PeduliLindungi.

"Beberapa penyesuaian akan dilakukan uji coba di pusat perbelanjaan atau mal bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua yang akan diterapkan di Jakarta, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surabaya. Pembukaan bioskop maksimal 50 persen di kota level 3 dan 2, kategori kuning dan hijau bisa masuk bioskop," ujar Luhut.

Selain itu, pemerintah mulai mengizinkan berbagai fasilitas umum lainnya untuk beroperasi, seperti taman bermain, tempat rekreasi. Kemudian, tempat-tempat peribadatan juga mulai dibuka.

Sementara vaksinasi terus digenjot. Pembukaan berbagai fasilitas itu dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya syarat telah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama dan implementasi PeduliLindungi.

 

Topik
Perpanjangan PPKMPPKM Kabupaten LumajangLuhut Binsar Pandjaitan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru