4 Manfaat Timun, Salah Satunya Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah Istri Rasulullah SAW

Sep 20, 2021 08:47
Timun (Foto: Indoindians.com)
Timun (Foto: Indoindians.com)

JATIMTIMES -Timun diketahui memiliki banyak manfaat. Bahkan manfaatnya tercatat dalam Alquran dan dimanfaatkan oleh Aisyah, istri Rasulullah SAW untuk kecantikan.

Namun hingga kini masih ada yang bingung untuk menyebut timun sebagai buah atau sayuran. Terdapat 2 pengertian, pertama dari segi botanis timun termasuk buah karena memiliki biji dan dihasilkan dari bunga.

Sementara dari segi kuliner, timun sering dikelompokkan sebagai sayuran. Namun di balik pengertiannya itu timun adalah bahan makanan yang kaya akan manfaat.

Mentimun memiliki kadar air dengan jumlah  banyak. Dalam 100 gram timun terdapat kandungan air sebesar 97.9 gram, 1.4 gram karbohidrat, 0,3 gram serat, 29 mg kalsium dan masih banyak lagi.

Bahkan dalam Alquran tercatat manfaat timun. Dalam hadits disebutkan bahwa mentimun adalah salah 1 makanan favorit Nabi Muhammad SAW.

Berikut 4 manfaat mentimun dalam Islam:

1. Anjuran dari Nabi Musa AS

Mengonsumsi timun untuk kesehatan dianjurkan oleh Nabi Musa AS. Hal itu tercatat di dalam Alquran surah Al Baqarah ayat 161:

"Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu, mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacangadasnya, dan bawang merahnya," (QS Al Baqarah:161).

2. Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW

Di zaman Nabi Muhammad SAW, timun ternyata sudah dipakai sebagai salah 1 makanan yang baik untuk kesehatan. Bahkan timun adalah salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW.

Bahkan, pada zaman Nabi Muhammad SAW juga terdapat anjuran yang menyebutkan, "Makan dan sukailah timun, karena Rasulullah SAW memakan dan menyukainya,".

Biasanya Rasulullah mengonsumsi timun dengan mengombinasikannya dengan kurma basah. Hal itu seperti yang dijelaskan oleh Hadits Riwayat Tirmidzi:

"Dari Aisyah bahwasanya, 'Rasulullah SAW sering makan Mentimun dicampur dengan kurma basah," (HR.Tirmidzi).

3. Jadi rahasia kecantikan Aisyah

Kombinasi antara timun dan kurma basah ternyata juga bisa membantu meningkatkan berat badan dan mengubah bentuk tubuh. Hal ini diriwayatkan oleh Aisyah saat hendak dipertemukan dengan Rasulullah SAW.

Aisyah menyebutkan bahwa ia rutin mengonsumsi timun dan kurma basah untuk mendapatkan tubuh yang ideal. 

"Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah SAW...".

"Usaha itu membuahkan hasil sehingga aku memakan timun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk tubuh yang ideal," (HR.Ibnu Majah).

Selain timun, Aisyah juga menggunakan minyak zaitun, minyak dzarirah dan madu untuk merawat kecantikannya dan kebugaran tubuhnya.

4. Timun untuk pengobatan

Banyak penelitian modern yang telah membuktikan manfaat timun bagi kesehatan. Disebutkan jika kandungan air pada timun bisa membantu menghilangkan dan menetralkan racun.

Dengan mengolah timun sebagai jus, bisa menurunkan demam karena memiliki sifat dingin dan dapat menurunkan tekanan darah. Mentimun juga bisa dipakai untuk masker wajah.

Masker dari timun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Senyawa sterol dalam timun itu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Topik
Mentimunaisyahalquranaisyah
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru