Keren, Dosen Unikama Terpilih Jadi Tim Asesor BAN-PT Penilaian Buku PAI

Sep 19, 2021 17:41
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)(istimewa)
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)(istimewa)

JATIMTIMES - Dosen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) membuat bangga kampus multikultural tersebut. Sebab, dosen bernama Yulianti SPd I MPd, berhasil terpilih menjadi tim asesor BAN-PT penilaian buku Pendidikan Agama Islam (PAI). 

Dijelaskannya, terpilihnya ia menjadi tim asesor tentunya bukan diraih dengan cara instan. Sebelumnya ia mendaftar program seleksi calon asesor yang digagas oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama. Di situ terdapat berbagai persyaratan yang harus dipenuhinya.

Berbekal pengalaman yang selama ini didapat, membuat Yulianti kian percaya diri untuk mendaftar. Pengalaman seperti reviewer jurnal mulai 2020 hingga saat ini, hingga pengalaman menulis dan menerbitkan buku teks dan buku ajar serta juga beberapa pertanyaan-pertanyaan terkait profesi menjadi modalnya. 

"Adapun syarat yang saya penuhi antara lain punya 2 pengalaman reviewer jurnal mulai 2020 hingga sekarang. Bukti sertifikat reviewer Jurnal Profesi Pendidikan Dasar (JPPD) PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta dan SK reviewer Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Pengalaman menulis dan menerbitkan buku teks, buku ajar, dan juga ada beberapa pertanyaan-pertanyaan terkait profesi,“ ujarnya.

Kemudian, setelah dinyatakan lolos dalam seleksi, Dosen PGSD ini akan mengikuti bimbingan teknis penilaian buku yang dilaksanakan oleh Pusat Penelitian dan pengembangan Lektur, khazanah keagamaan dan manajemen organisasi Badan Litbang dan diklat Kementerian Agama.

“Diklat ini dilakukan secara online seperti pengecekan orisinal naskah dan melakukan penilaian terhadap naskah buku berbentuk pdf hasil perbaikan. Tetapi untuk kegiatan ini kami masih menunggu surat tugas dari pusat,” tuturnya.

Selaku dosen mata kuliah PAI, ia juga berharap dapat rekognisi untuk pengembangan keilmuan di luar Perguruan Tinggi. Dengan lolosnya menjadi tim asesor tim penilai buku, dijelaskannya menjadi sarana untuk bisa berkontribusi terhadap masyarakat kampus.

Kontribusi yang dimaksud, salah satunya adalah diharapkan mampu untuk membuat buku Agama dengan materi yang menyesuaikan usia pembelajaran pada abad 21, di mana siswa harus dilatih keterampilan proses, pengetahuan dan sikap dalam hidup bermasyarakat.

Ke depan, pihaknya optimis dengan pencapaian yang sudah diperoleh ini dapat menjadi bagian dari proses pengembangan ilmu pengetahuan. Selain menjalankan tridarma perguruan tinggi, dirinya juga berkontribusi di luar kampus sebagai tim penilai buku agama dalam jangkauan tingkat nasional.

“Dengan menjadi tim asesor, saya juga sangat berharap dapat menggali pengalaman yang luar biasa dan memiliki dampak positif untuk Unikama," pungkasnya.

Topik
dosen unikamauniversitas pgri kanjuruhan malang unikama
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru