Ngebut Target Vaksinasi 70 Persen, Pemkot Batu Pinjam 50 Ribu Dosis ke Kabupaten Malang

Sep 19, 2021 10:12
Tenaga kesehatan saat memasukkan dosis vaksin ke suntikan. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tenaga kesehatan saat memasukkan dosis vaksin ke suntikan. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemkot Batu tengah berupaya mencapai target 70 persen warga tervaksinasi covid-19. Untuk menunjang percepatan itu, Pemkot Batu meminjam vaksin covid-19 kepada Kabupaten Malang.

Jumlah yang dipinjam kurang lebih 50 ribu dosis vaksin covid-19. Pemkot Batu mendapat pinjaman vaksin tersebut karena alokasi kebutuhan vaksin covid-19 mencukupi kebutuhan warga di Kabupaten Malang.

Sedangkan Kota Batu saat ini membutuhkan alokasi vaksin covid-19 dengan jumlah besar untuk melakukan percepatan vaksinasi dosis pertama. “Pemkot Batu mendapatkan pinjaman alokasi vaksin dari Kabupaten Malang,” kata Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Setelah Pemkot Batu mendapatkan distribusi vaksin covid-19, vaksin yang dipinjam akan segera dikembalikan kepada Kabupaten Malang. “Kalau Kota Batu mendapatkan vaksin covid-19 dari Kementerian Kesehatan, akan langsung dikembalikan,” tambah Punjul.

Kota Batu meminjam vaksin tersebut lantaran target Kota Batu dalam sehari harus memvaksin 7 ribu warga. Ya beberapa saat lalu, untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal, Kakesdam V/Brawijaya Kolonel Ckm dr Yanuar menargetkan target vaksinasi di Kota Batu bisa dicapai dalam 10 hari ke depan.

 Tantangan itu pun disanggupi oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Dewanti juga ingin dalam 10 hari ke depan, bisa mencapai target herd immunity.

Untuk mencapai herd immunity suatu daerah, 70 persen masyarakatnya harus tercover vaksinasi covid-19. Untuk mencapai angka 70 persen, warga Kota Batu yang harus tervaksin sebanyak 164 ribu.

Dengan demikian, Pemkot Batu dalam 10 hari ke depan harus menuntaskan vaksinasi dosis pertama kepada kurang lebih 80 ribu warga di Kota Batu.  “Dalam satu hari kami harus bisa memvaksin 7-8 ribu warga dosis pertama,” kata Dewanti.

Supaya bisa mewujudkan target tersebut, Dewanti menggeliatkan camat dan kepala desa di Kota Batu untuk mempersiapkan tempat vaksinasi. “Saya meminta kepada camat dan kepala desa di Kota Batu untuo mempersiapkan tempat vaksinasi. Sehingga warga bisa langsung vaksin di desa/kelurahan yang disediakan,” tutup istri Eddy Rumpoko ini.

Topik
Vaksinasi Covid 19vaksinasi di Kota BatuPemkot Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru