Jalin MoU dengan Diskopukm Pemrov Jatim, UIN Malang Jadi Satu-satunya PTN yang Dipercaya

Sep 18, 2021 17:14
Rektor UIN Maliki Malang Prof Zainuddin MA saat melakukan MUI dengan Pemprov Jatim, disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa(Ist)
Rektor UIN Maliki Malang Prof Zainuddin MA saat melakukan MUI dengan Pemprov Jatim, disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa(Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus melebarkan sayap dalam jalinan kerja sama dengan berbagai instansi. Salah satunya, UIN Maliki Malang baru saja menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Koperasi dan UKM (Diskopukm) Pemprov Jatim.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr H Isroqunnajah MAg, menjelaskan, jika kerja sama yang terjalin dengan Diskopukm adalah terkait pendampingan kepada Diskopukm dalam berbagai kegiatan pemberdayaan yang dilakukan dinas untuk kemaslahatan masyarakat. 

"Tentunya ini juga sebagai wujud pengabdian terhadap masyarakat," jelasnya saat dihubungi, Sabtu (18/9/2021).

1

Lebih lanjut dijelaskannya, selain itu wujud pengalaman Tri Dharma Perguruan Tinggi, manfaat positif tentunya juga didapatkan UIN Maliki Malang atas MoU yang terjalin. Kerja sama ini, tentu memudahkan akses para mahasiswa dalam melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL), di mana bisa menambah pengalaman dan pengetahuan para mahasiswa.

"Ya untuk kepentingan pengabdian masyarakat dan kita mengambil manfaat untuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jadi kita diminta terlibat juga untuk pembinaan, misalnya kalau harus ada Training of Trainee (TOT), kita diminta untuk jadi narasumbernya," terangnya.

Di sisi lain, adanya MoU tersebut kian membanggakan kampus Ulul Albab tersebut. Sebab, dalam MoU, UIN Maliki Malang merupakan satu-satunya kampus atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang digandeng. 

"Kita satu-satunya dari PTN maupun PTKIN yang digaet (kerjasama) oleh provinsi dalam hal ini dinas koperasi. Hanya kita saja yang dipercaya," tuturnya.

Selain kerja sama tersebut, disampaikannya juga bahwa kerja sama yang terjalin bukan hanya itu. UIN Maliki Malang merupakan salah satu perguruan tinggi yang juga ikut merealisasikan kerja sama Pemprov Jatim dengan Australia Barat. 

"Pemprov Jatim punya saudara, istilahnya sister province dengan Australia Barat. Jadi UIN Malang salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur yang juga ikut dikerjasamakan,"pungkasnya.

Topik
UIN Maliki MalangKhofifah Indar ParawangsaIsroqunnajah
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru