Bantuan Nyata, Polres Malang Angkat Anak Asuh Yatim Piatu Korban Covid-19

Sep 17, 2021 20:53
Wakapolres Malang Kompol Rizki Tri Putra Errika Adi Wijaya (kiri) bersama Kasat Lantas Polres Malang AKP Agung Fitriansyah saat bersama salah satu anak asuh yatim piatu korban Covid-19 (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Wakapolres Malang Kompol Rizki Tri Putra Errika Adi Wijaya (kiri) bersama Kasat Lantas Polres Malang AKP Agung Fitriansyah saat bersama salah satu anak asuh yatim piatu korban Covid-19 (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

JATIMTIMES - Polres Malang mewujudkan aksi nyata dalam membantu masyarakat. Salah satunya dengan menjadi orang tua asuh bagi anak yatim piatu yang ditinggal orang tuanya akibat Covid-19.

Wabah Covid-19 menimbulkan berbagai dampak, baik ekonomi, psikis dan sosial. Hal tersebut dapat terlihat dengan banyaknya anak-anak yang harus menerima kenyataan menjadi seorang yatim piatu, dikarenakan orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19.

Sebagai bentuk perhatian, Polres Malang dalam rangka memperingati hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 Tahun 2021 ini, meluncurkan gerakan “Pengangkatan Orang Tua Asuh Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19”. Gerakan tersebut bertujuan membantu anak-anak yang ditinggalkan orang tuanya sehingga mendapatkan pendampingan dan bantuan agar tetap bisa bersekolah demi mewujudkan cita-citanya.

Kapolres Malang, AKBP Bagoes Wibisono menuturkan sebanyak 100 anak yatim piatu terdampak Covid-19 pada hari ini diangkat menjadi anak asuh Polres Malang. Nantinya, 1 anggota Satlantas Polres Malang menjadi orang tua asuh bagi 1 anak yatim piatu tersebut.

Disitu, masing-masing anggota Satlantas akan mendampingi perkembangan dan kebutuhan anak asuhnya. Bukan hanya dalam waktu dekat, namun aampai kelak anak-anak asuh tersebut menggapai cita-citanya.

“Masing-masing orang tua asuh memiliki tanggung jawab moral untuk memperhatikan dan berinteraksi kepada anak asuhnya, serta mendampingi anak asuhnya hingga kelak ia menggapai cita-citanya,” ungkap Bagoes.

Menurut Kasat Lantas Polres Malang, AKP Agung Fitransyah, pada kegiatan ini juga diadakan penyerahan santunan dan trauma healing bagi anak-anak. Hal itu bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat serta mengembalikan kondisi emosional anak-anak pasca kehilangan orang tuanya.

”Selain bantuan meteril, kita juga melakukan pendampingan moril dan motivasi kepada anak-anak melalui anggota Satlantas yang di wajibkan berkunjung secara rutin untuk berinterkasi, menanyakan kabar dan kebutuhanya, sehingga anak tersebut merasa terayomi dan terlindungi,” ujar AKP Agung.

Kegiatan ini juga sesuai arahan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, serta juga dilaksanakan serentak pada jajaran polres se-Polda Jatim dan dipantau secara virtual oleh Kapolda Jatim dalam kunjungan kerja di Polres Ponorogo dengan agenda memantau langsung kegiatan yang sama.

Topik
Polres MalangHari Lalu Lintasnikah di bawah umurkekhusyukan dalam salatkorban covid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru