Program PMM Berupa Pelaksanaan Vaksinasi Masal di Wilayah Kantor Desa Jambearjo

Sep 17, 2021 19:58

JATIMTIMES - Untuk menekan angka penurunan Covid-19 pemerintah Indonesia dan juga negara-negara di dunia telah berupaya untuk melaksanakan Vaksin Covid-19 untuk setiap warganya. Vaksinasi tidak hanya melindungi individu, namun setiap warga negara contoh di Indonesia mewajibkan vaksinasi di seluruh warga negaranya, hal ini bertujuan agar setiap orang memiliki sistem imun yang kuat dalam menghadapi Covid-19 di masa pandemi ini.  

Vaksin sendiri adalah produk biologi yang berisi antigen yang bilamana diberikan kepada seseorang akan menimbulkan efek kekebalan spesifik terhadap penyakit tertentu. Cara kerjanya yaitu vaksin ini diinjeksikan kepada seseorang untuk menstimulasi sistem imun tubuh,  Imunisasi memicu respon sistem dimana vaksin akan membentuk kekebalan jangka Panjang .  

Di masa pandemi ini pemerintah Indonesia melaksanakan vaksin gratis dan masal di setiap daerah di Indonesia, Desa Jamberajo, Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang juga melaksanakan vaksin gratis yang kegiatannya dilaksanaan di kantor Desa Jambearjo. Saat ini pemerintah sedang melakukan program PPKM darurat hal ini juga tidak boleh dilanggar oleh rakyat, dalam pelaksanaan vaksin di masa PPKM kami kelompok PMM Kelompok 66, Gelombang 11 ini membantu panitia pelaksanaan vaksinasi di Desa Jambearjo. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat.  

“Di sana kelompok kami ikut terjun dalam kegiatan ini , seperti mendata warga yang akan divaksin, di Desa Jambearjo kuota vaksin yaitu 150 orang, banyak masyarakat yang antre vaksin karena pemerintah mewajibkan seluruh warga negaranya untuk vaksin," ucap Kordinator PMM Kelompok 66.

Hal ini sebenarnya berisiko karena ada kerumuman akan tetapi kami mentertibkan masyarakat supaya antre dan sesuai dengan protokol kesehatan, selain itu karena minimnya pengetahuan warga desa akan vaksin.

“Kami juga membantu mengedukasi warga sekitar agar mengerti pentingnya vaksin dan memakai masker di masa pandemic seperti ini, selain mengedukasi kelompok kami juga terjun langsung untuk membagikan masker, handsanitizer dan vitamin gratis kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

Diharapkan dengan adanya vaksin gratis masal dan edukasi mengenai pentingnya vaksin dan menaati protokol kesehatan yang berlaku. Sehingga masyarakat dapat lebih memahami apa saja yang perlu ditaati dan apa saja yang tidak boleh dilanggar di masa pandemi ini, hal ini juga dapat menekan angka penurunan Covid-19 di Indonesia, karena keminiman ilmu dan ketidaktahuan masyarakat akan bahaya Covid-19 ini dapat berdampak buruk.  

Topik
Vaksin Covid 19Vaksinasi Covid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru