Lomba Kampung Bersinar Segera Digelar DLH Kota Malang

Sep 16, 2021 19:48
Tim juri lomba Kampung Bersinar (foto: Muslimin/MalangTIMES)
Tim juri lomba Kampung Bersinar (foto: Muslimin/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Lomba Kampung Bersih, Sehat, Indah, Asri dan Rapi (BERSINAR) segera digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang. Rencananya, lomba Kampung Bersinar akan diselenggarakan mulai 20 September hingga 8 November 2021 mendatang. 

Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kota Malang, Sri Puji Astuti mengatakan pihaknya baru saja mempersiapkan tim juri yang terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari internal DLH Kota Malang, akademisi, hingga kader lingkungan.

“Tadi ada rapat persiapan menyamakan persepsi penjurian untuk Kampung Bersinar 2021. Itu pesertanya ada sekitar 102, nanti rencananya kami tanggal 20 September itu mulai akan jalan penilaiannya sampai berakhir nanti di tanggal 8 November 2021,” terang wanita yang akrab disapa Eni itu.

Dalam pelaksanaannya, Eni menjelaskan bahwa nanti terdapat tahapan yakni dari 102 peserta lomba akan dinilai. Setelah itu masuk ke babak penyisihan menjadi 50 RW, dan dari 50 nanti menyusut kembali menjadi 20 RW dan terakhir menjadi 15 RW untuk menuju juara.

“Terus tadi disampaikan ada beberapa indikator dalam penjurian. Ada lima indikator yaitu penghijauan, persampahan, konservasi air, satpras dan pemberdayaan masyarakat,” kata Eni.

Sebelumnya, lomba Kampung Bersinar selalu disosialisasikan melalui tatap muka. Dengan harapan peserta dapat memahami ketika mengikuti lomba bergengsi antar RW itu.

Namun karena pandemi belum usai, akhirnya Eni memutuskan untuk menggelar sosialisasi melalui zoom meeting. Tapi meski melalui zoom, pihaknya mengakui peserta juga sangat antusias.

“Kemarin setelah dilakukan webinar pada bulan Juli itu terus dikasih waktu untuk pembenahan, sekaligus pembenahan persiapan masuk lomba. sekaligus setiap peserta juga mendaftarkan ke kelurahan untuk di ikutkan lomba di tingkat kota, jadi yang ikut lomba itu RW nya,” ungkap Eni.

Dalam penilaian nantinya, Eni mengaku tim juri akan langsung turun ke lokasi. Sebab, beberapa indikator penilaian yang sudah disampaikan harus nyata dilihat agar dapat menemukan hasil terbaik.

“Tentunya tahun ini kami akan berusaha untuk bekerja secara tim dengan lebih baik, terus penilaiannya akan lebih baik lagi dari tahun kemarin, bukan berarti kami membicarakan bahwa tahun kemarin itu jelek,” beber Eni.

Dari lomba tersebut, nantinya peserta akan memperebutkan puluhan juta rupiah sebagai uang pembinaan. Selain itu, juga ada sertifikat penghargaan bagi peserta yang masuk 30 besar.

Topik
DLH Kota Malangkampung besinarLomba Kampung Bersinar
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru