Pelaku UMKM Kota Batu Raih Prestasi di Jatim berkat Strategi Pemasaran dan Bentuk Produknya

Sep 16, 2021 17:45
Salah satu produk Osh Milk by Jeung Dee milik Diana Dwi Novita. (Foto: istimewa)
Salah satu produk Osh Milk by Jeung Dee milik Diana Dwi Novita. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Batu berhasil meraih penghargaan peringkat 3  Lomba Inovasi Koperasi dan UMKM tTngkat Provinsi Jatim. Peraih penghargaan itu adalah produk olahan susu lantaran strategi pemasarannya.

UMKM itu adalah Osh Milk by Jeung Dee. UMKM tersebut merupakan produk olahan susu pasteurisasi rintisan Diana Dwi Novita dari Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Diana berhasil memenangkan lomba ini karena strategi pemasarannya. Yakni lewat media online yang juga dikombinasikan dengan konsep door to doorr (dari pintu ke pintu). “Juga melakukan pengiriman one night service (ONS),” ungkap Diana, Kamis (16/9/2021). 

Kemudian yang menarik perhatian dewan juri karena produknya yang dikemas sangat menarik dan lucu. Bentuk botol-botolnya berbeda dengan produk susu  lainnya. Yakni berbentuk bulat dan ada juga yang berbentuk segitiga.

“Ide ini didapatkan supaya jarang ada yang menggunakan bentuk produk seperti punya saya. Supaya orang tertarik beli,” ujar Diana.

Atas prestasinya itu, dia memberikan semangat kepada pelaku UMKM di Kota Batu supaya tidak pantang menyerah di tengah pandemi covid-19. Diana juga memberikan semangat dan membuka peluang bagi wirausaha baru.

“Tetap semangat, tetap ber-positive thinking dan tetap berusaha. Pasti akan menemukan celah untuk ke depannya,” kata  Diana.

Sementara itu,  penghargaan untuk Diana diberikan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim Mas Purnomo Hadi Rabu 15 September 2021. Saat itu Diana Dwi Novita didampingi Kasi Pemberdayaan Usaha Mikro Diskumdag Kota Batu Yossi Hendrawan.

Lomba tersebut diikuti  60 koperasi, 83 peserta wirausaha baru, 38 peserta rencana bisnis, dan 102  UMKM.

Dalam lomba ini, terdapat beberapa kategori. Yakni lomba koperasi berprestasi serta lomba UMKM milenial yang dibagi 3 kelompok, yakni wirausaha pemula, wirausaha eco green, dan wirausaha ekspor.

Topik
umkm kota batuOsh Milk by Jeung DeeKaus penembakan hoaxberita kota batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru