Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Vaksin Merah Putih Siap Disuntikkan Massal Juli 2022

Penulis : Desi Kris - Editor : Heryanto

16 - Sep - 2021, 08:20

Ilustrasi (Foto: Clarín)
Ilustrasi (Foto: Clarín)

JATIMTIMES - Kabar gembira bagi Indonesia, vaksin buatan dalam negeri akan segera digunakan. Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia FX Sudirman mengatakan, jika vaksin merah putih produksi Biotis-Universitas Airlangga siap disuntikkan massal pada Juli 2022.

Sudirman memprediksi vaksin Merah Putih ini akan sampai pada fase uji klinis tahap 3 di bulan April dan segera mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kami berharap mendapatkan data interim report uji klinis fase tiga untuk mendapat EUA di bulan April. Kami berharap paling lambat Juli 2022 sudah bisa dipakai oleh masyarakat Indonesia," ujar Sudirman dalam rapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (15/9/2021) kemarin.

Menurutnya, vaksin Merah Putih buatan Biotis-Unair ini mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Balitbang Kemenkes sejak proses uji klinis dimulai.

Selain itu juga telah berkoordinasi dengan BRIN saat fase non klinik dan preklinik. Sejauh ini, Sudirman mengaku ada hasil yang baik di setiap fase pengembangan pada vaksin Merah Putih.

"Tentu BPOM yang mendukung dan mengawasi, membimbing kami supaya bisa memenuhi regulasi atau persyaratan teknis yang diperlukan oleh pabrik vaksin. Sampai hari ini hasilnya baik," kata Sudirman.

Seperti diketahui, pengembangan vaksin Merah Putih ini menggunakan sampel virus Covid-19 yang ada di Indonesia, sehingga diharapkan lebih cocok dan efektif bagi masyarakat.

Rencananya, vaksin Merah Putih dari Unair dengan platform inactivated virus dan vaksin Merah Putih buatan LBM Eijkman dengan platform protein based akan diproduksi setidaknya 120 juta dosis selama 2022.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Heryanto