Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Pembangunan MCC Tahap Pertama Capai 15 Persen

Sep 15, 2021 15:39
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk segera merealisasikan pembangunan Malang Creative Center (MCC) di tahun 2021 ini terus berproses. Jelang tutup tahun, rencana megaproyek itu sudah menyentuh angka 15 persen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusuma Dewi, Rabu (15/9/2021) menjelaskan, pembangunan tahap pertama MCC ini masih belum dapat dimanfaatkan. Sebab, pembangunan masih akan dilanjutkan hingga tahun 2022 mendatang.

“Sudah sekitar 15 persen. Ini yang tahun ini saja, pembangunannya baru selesai nanti 22 Juli 2022," ujarnya.

Diah menambahkan, anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan MCC tahap pertama ini senilai Rp 25 Miliar. Penyelesaian tahapan pembangunan hingga akhir tahun ini adalah pada rangka bangun atau pondasi.

Artinya, di tahun ini MCC hanya akan terbangun pondasi, kolom bangunan, hingga struktur bangunan utama saja. "Masih strukturnya saja. Kolom-kolomnya, fondasi, itu. Kaca-kacanya belum," imbuhnya.

Lebih jauh, perempuan yang juga menjabat sebagai Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Malang ini menyebutkan, bangunan setinggi 8 lantai ini baru bisa dimanfaatkan setelah proses pengerjaan tuntas pada pertengahan tahun 2022 mendatang.

Di mana, anggaran untuk pembangunan MCC di 2022 menggunakan APBD Kota Malang senilai Rp 75 Miliar. Sehingga, total anggaran keseluruhan gedung pusat kegiatan ekonomi kreatif ini adalah Rp 100 Miliar.

"Tahun depan baru bisa dimanfaatkan, anggarannya tahun depan Rp 75 Miliar," pungkasnya.

Sebagai informasi, gedung tersebut akan dibangun setinggi 8 lantai di lahan eks gedung PDAM lama di kawasan Jl Achmad Yani. MCC nantinya, akan dijadikan sebagai pusat kegiatan ekonomi kreatif di Kota Malang, yang memfasilitasi sekitar 100 pelaku ekonomi kreatif asal Kota Malang. 

Topik
Pembangunan MCCKota MalangEkonomi KreatifMalang Creative Center
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru