2022 Siap Dibangun, DED Alun-Alun Kedungkandang Ditarget Tuntas Sebelum November

Sep 15, 2021 14:05
Suasana FGD Desain Alun-Alun Kedungkandang yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Rabu (15/9/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Suasana FGD Desain Alun-Alun Kedungkandang yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Rabu (15/9/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Rencana pembangunan Alun-Alun Kedungkandang nampaknya sudah di depan mata. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Pemerintah saat ini tengah memantapkan Detail Engineering Design (DED).

Kepala DLH Kota Malang Wahyu Setianto mengungkapkan, setidaknya ada dua desain yang dipaparkan untuk perencanaan pembangunan Alun-Alun Kedungkandang. Dari dua desain yang dipaparkan, nantinya Alun-Alun Kedungkandang akan dibangun di sebelah bangunan Telecenter Daragrati Kedungkandang. Rencananya, pembangunan akan digunakan di atas lahan seluas 4,5 Hektare (Ha).

"Itu nanti diĀ sebelah selatan GOR Ken Arok sebelah bangunan Telecenter itu yang dipilih," ujarnya usai FGD Desain Alun-Alun Kedungkandang di Hotel Savana, Rabu (15/9/2021).

Sementara untuk anggaran proyek pembangunan di wilayah Timur Kota Malang itu, menurutnya masih menunggu penuntasan DED yang ditargetkan selesai sebelum awal November 2021 mendatang. Sehingga, anggarannya bisa masuk dalam RAPBD tahun 2022.

"DED tahun ini mudah-mudahan nggak sampai November sudah finalisasi. Yang jelas sebelum dok di RAPBD 2022, jadi kita bisa menganggarkan dari hasil finalisasi, anggaran berapa. Pembangunannya nanti semoga awal tahun 2022 sudah dimulai," jelasnya.

Lebih jauh, Wahyu mengatakan, pembangunan Alun-Alun Kedungkandang bakal dilengkapi berbagai fasilitas. Termasuk, fasilitas ramah anak dan untuk mensupport berbagai kegiatan anak millenial.

Hal ini juga sebagai pemecah keramaian di pusat kota, seiring dengan menjadikan wilayah Timur Kota Malang menjadi primadona.

"Dibuat lebih bagus dan lebih lengkap, ada fasilitas bermain anak, pak wali minta dikasih space untuk kaum muda, untuk track-track an, tempat untuk main skate board dan sepatu roda, dan lainnya. Alun-Alun Tugu Balai Kota ada taman, di sana juga," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, dibangunnya Alun-Alun Kedungkandang sebagai bentuk memfasilitasi masyarakat Kota Malang secara merata. Sehingga diharapkan wilayah Timur turut dilirikĀ investor untuk ikut terlibat pembangunan di Kota Pendidikan ini.

"Namanya fasilitas masyarakat memang harus terpenuhi dengan baik, nanti pelan-pelan, center pembangunan kita ada di kawasan wilayah Timur. Pada gilirannya akan menjadikan luar biasa," ungkapnya.

Topik
delman gratisDLH Kota MalangKota MalangWali Kota Malang SutiajiWahyu Setianto
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru