Pemberian Vaksinasi Dosis II di Kota Batu Ditunda Hingga Oktober

Sep 14, 2021 17:24
Salah satu warga saat disuntik vaksin oleh tenaga kesehatan di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu warga saat disuntik vaksin oleh tenaga kesehatan di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemberian vaksinasi dosis dua di Kota Batu ditunda hingga Oktober mendatang. Langkah itu diambil sebagai upaya percepatan vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang saat ini memang terus dikebut Pemerintah Kota Batu. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto menyampaikan, Pemkot Batu saat ini masih berfokus pada penyelesaian vaksinasi dosis pertama untuk mencapai herd immunity. Sehingga, vaksinasi 70 persen ditargetkan bisa rampung hingga akhir 2021.

“Untuk mencapai target sampai akhir tahun saat ini kami fokuskan pada percepatan vaksinasi dosis pertama,” katanya, Selasa (14/9/2021).

Karena itu, bagi masyarakata Kota Batu yang belum menerima vaksin dosis kedua, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan mulai bulan Oktober. Kemungkinan besar vaksinasi akan dilakukan pada minggu pertama Oktober.

 “Nanti vaksinasi dosis ke dua akan ada pemberitahuan lebih lanjut,” tambah pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu ini. 

Meski ada penundaan, vaksinasi dosis dua tetap bisa dilaksanakan bagi warga yang telah terdata secara sistem untuk melaksanakan vaksinasi dosis dua di September ini. Kemudian hal itu juga berlaku kepada disabilitas yang menurutnya tetap diberikan sesuai jadwal. 

“Dosis kedua untuk warga yang dilaksanakan pada 16, 17, 18 dan 20, September 2021 bagi warga yang sudah terdata dan mengisi link pendaftaran tetap dilaksanakan,” kata Onny.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Batu, vaksinasi Covid-19 sampai Senin (13/9/2021) untuk dosis pertama sudah menyentuh angka 77.847 orang atau 47,20 persen. Pada vaksinasi Covid-19 dosis kedua mencapai 40.548 orang atau 24,70 persen.

Sedangkan untuk dosis vaksin yang tersisa hingga saat ini masih tersedia 45.270 dosis. Onny pun mengimbau kepada warga Kota Batu untuk tetap menjaga dan disiplin protokol kesehatan.

Mulai dari memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga Kesehatan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak.

Topik
VaksinasiVaksin Covid 19Kota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru