Kota Malang Bertahan di PPKM Level 3, Ini Kata Wali Kota Sutiaji

Sep 14, 2021 13:32
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

JATIMTIMES - Masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level hingga 20 September 2021 mendatang masih menjadikan Kota Malang bertahan di Level 3.

Sementara, dua daerah di Malang Raya lainnya, yakni Kota Batu dan Kabupaten Malang telah turun level untuk menerapkan PPKM Level 2. Hal ini sesuai dengan data yang diunggah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui laman Instagram @jatimpemprov.

Terkait hal itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, tak begitu mengacu pada adanya kategori level dalam penerapan PPKM. Menurutnya, dalam upaya penanganan Covid-19 mau berstatus level berapapun, harus tetap mengoptimalkan disiplin protokol kesehatan (prokes).

"Kita masih tetap, mau level berapapun kita tetap perketat pakai protokol kesehatan. Berkerumun tidak boleh," ujarnya.

Selain pengetatan prokes, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang hingga saat ini terus menggenjot pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19. September 2021 ini ditargetkan herd immunity 70 persen tercapai.

"Insya Allah (target 70 persen herd immunity), kalau dosis satu itu sudah 800 ribu. Tapi, kita masih ada sisa 45 ribu itu dosis kedua. Akumulatif dua dosis masih belum," jelasnya.

Capaian ini diakuinya, karena antusiasme yang tinggi dari masyarakat Kota Malang. Bahkan, proses pelaksanaan vaksinasi di setiap Fasilitas Kesehatan (Faskes) dilakukan penataan. Hal ini untuk mempermudah proses antrean bagi masyarakat yang mau divaksin.

Selain itu, setiap weekend, Pemkot Malang bekerja sama dengan berbagai elemen untuk penyelenggaraan Serbuan Vaksin agar lebih menyasar ke seluruh masyarakat Kota Malang. 

"Di sini antusiasme vaksin tinggi, orang-orang malah antre, tinggal kita menata Faskesnya itu. Seperti di Serbuan Vaksin untuk 28.000 sudah tercapai 15.000 untuk tahap 2. Terus menerus kita lakukan, jadi yang secara reguler Senin sampai Jumat dilaksanakan di masing-masing Faskes, serbuan vaksin Sabtu dan Minggu," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam perpanjangan PPKM Level ini, Pemerintah Pusat kembali melonggarkan berbagai sektor ekonomi. Setelah pembukaan Mal, dan uji coba destinasi wisata, kini untuk aktivitas bioskop juga telah diizinkan dibuka bagi kategori wilayah PPKM Level 3 dan 2. Meski begitu, dalam pelonggaran ini, semua daerah diwajibkan menerapkan PeduliLindungi untuk akses masuk sebagai tanda bukti pengunjung telah divaksin.

Topik
Walikota Malangbondowoso masuk level 3
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru