Hotel dan Restoran Tunggak Pajak, Bapenda Kota Malang Layangkan Teguran Tertulis

Sep 13, 2021 20:07
Petugas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang bersama Satpol PP Kota Malang saat melakukan penindakan kepada sejumlah hotel dan restoran yang tunggak pajak, Senin (13/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Petugas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang bersama Satpol PP Kota Malang saat melakukan penindakan kepada sejumlah hotel dan restoran yang tunggak pajak, Senin (13/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang melayangkan teguran secara tertulis kepada sejumlah hotel dan restoran yang menunggak pajak

Kepala Bapenda Kota Malang Handi Priyanto mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah mengeluarkan kebijakan sunset policy yang merupakan pemberian fasilitas perpajakan dalam bentuk penghapusan denda sanksi administrasi perpajakan.

Untuk pemberlakuan sunset policy ini, kata Handi, berlaku hingga 30 November 2021. Berdasarkan rekapan data yang dimiliki Bapenda Kota Malang terdapat 61 hotel dan restoran yang semuanya telah menjalani pemanggilan kedua dan tidak datang.

"Sementara yang hari ini kita tindak 18. Kita pilah yang besar-besar dulu, potensi tunggakan besar. Lalu secara bertahap ini akan kita lakukan pemanggilan sampai para wajib pajak menyelesaikan tunggakannya," ungkapnya kepada JatimTIMES.com, Senin (13/9/2021). 

Dari 18 tempat hotel dan restoran yang mengalami tunggakan pajak, potensi kerugian bagi pendapatan daerah Kota Malang mencapai lebih dari Rp 400 juta. Sedangkan untuk 43 sisanya sebagian besar belum melakukan pendaftaran.

"Karena kan mereka kita giring untuk pembayaran via e-tax. Semua kita giring untuk pelaporan secara online," tuturnya. 

Dari 18 titik yang pada hari ini diberi teguran secara tertulis, semuanya kooperatif dan berlangsung aman tanpa adanya perlawanan dari pihak hotel dan restoran. Selain itu, mereka juga akan segera melunasi tunggakan tersebut dalam waktu dekat. 

"Jadi kalau secara persuasif kita tidak diindahkan, ya secara protap satpol akan melakukan tindakan. Apalagi pajak resto dan hotel sifatnya self assesment atau uang titipan dari konsumen," terangnya. 

Sementara itu, pihaknya berharap dengan adanya momentum sunset policy yang dikeluarkan oleh Pemkot Malang agar para Wajib Pajak (WP) dapat segera membayar pajak. 

"Harapan kami WP yang nunggak itu senyampang ada bebas denda dan masa pemutihan sampai 30 November segera membayar. Kami akan turunkan tim untuk memastikan WP tersebut untuk melakukan pembayaran," pungkasnya.

Topik
Bapenda Kota Malangpelatihan linting rokokmisteri peluit jukir
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru