Pelengsengan Ambrol dan Tanah Ambles Terjang Kota Batu

Sep 13, 2021 16:23
Salah satu kejadian tanah ambles di Kota Batu. (Foto: istimewa)
Salah satu kejadian tanah ambles di Kota Batu. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES  - Pelengsengan ambrol dan tanah ambles menambah deretan bencana yang ada di Kota Batu. Dua kejadian tersebut kerap terjadi di saat hujan tiba.

Pelengsengan ambrol yang terjadi di Jalan Darmo Ngaliman, Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu. Penyebabnya fondasi saluran drainase yang saat ini dalam perbaikan terguyur curah hujan tinggi pada Sabtu-Minggu.

“Mengakibatkan pelengsengan ambrol sehingga akses jalan di rumah Rastam rusak,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu.

Selain itu, material pelengsengan  menutup saluran drainase dan bahu jalan. Kerusakan  pelengsengan berukuran panjang 11 meter, tinggi 3,5 meter, tebal 30 sentimeter.

“Perlu segera dilakukan pembangunan pelengsengan karena lokasi pelengsengan tepat di depan rumah Bapak Rastam dengan jarak teras ke pelengsengan 2,5 meter,” imbuh Agung.

Kemudian tanah ambles terjadi di Jalan Suropati, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu. Tanah yang ambles berdimensi 3 x 4 meter di bagian kamar mandi rumah kekuarga Waginten.

Akibatnya, keluarga Waginten kesulitan menggunakan kamar mandi. Alhasil untuk sementara waktu, mereka harus menggunakan kamar mandi milik tetangga.

“Sebelum ambles terdengar bunyi gemuruh di bawah tanah yang gerong atau tergerus air dan langsung lantai ambles,” ucap Agung, Senin (13/9/2021).

Menurut dia, harus segera dilakukan perbaikan aliran air dan pengurukan di tempat yang ambles agar tidak melebar dan membahayakan  penghuni rumah.

Topik
Pelengsengan AmbrolTanah AmblesBPBD Kota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru