Tambahan Gizi, Selama Seminggu SDN Kasin Beri Siswa Baru Makanan Sehat

Sep 13, 2021 13:25
Siswa kelas 1 SDN Kasin yang nampak melakukan kegiatan makan bersama di dalam kelas (Ist)
Siswa kelas 1 SDN Kasin yang nampak melakukan kegiatan makan bersama di dalam kelas (Ist)

JATIMTIMES - Para siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negara (SDN) Kasin Malang, Senin (13/9/2021) nampak gembira dan senang. Sebelum mengawali Pembelajaran Tata Muka Terbatas (PTMT), pihak sekolah memberikan makanan sehat kepada para siswa baru. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam pembiasaan siswa. 

Kepala Sekolah SDN Kasin Malang, Budi Hartono menjelaskan, jika pihak sekolah telah menganggarkan pemberian makanan sehat selama satu Minggu lamanya. Dananya berasal dari partisipasi Forum Komunikasi Kelas (FKK).

"Pemberian makanan sehat ini dalam rangka pembiasaan (sarapan pagi sekaligus menjalin keakraban) siswa. Sebab, sebelum masa pandemi setiap Jumat Minggu kedua itu ada makan bersama di SDN Kasin Malang," jelasnya.

2

Kegiatan makan bersama ini, tentunya juga kian memupuk rasa kebersamaan siswa baru dan untuk lebih saling mengenal dengan para siswa baru lainnya. Meskipun begitu, dalam kegiatan makan bersama ini, tidaklah dilakukan dengan serta merta. 

Kegiatan tetap dilakukan dengan protokol kesehatan dan juga proses penyediaan makanan yang higenis. Makanan yang dihidangkan untuk para siswa disediakan oleh pihak sekolah, dan dimasak secara gotong royong.

"Jadi ada yang menyediakan nasinya, ada guru yang masak sayurnya, bahkan juga ada keterlibatan dari para wali murid," jelasnya.

Selain itu, pemberian makanan sehat ini sebagai bentuk upaya menjaga kesehatan para siswa dan membiasakan untuk mereka sarapan pagi sebelum mengawali aktivitas kegiatan belajar mengajar. 

"Kemarin-kemarin juga pernah ada kasus, siswa yang lemes sampai kita kasih oksigen. Kita panggil orang tuanya, kita tanya ternyata setelah kita gali, yang bersangkutan ini belum sarapan pagi. Setelah itu dibelikan roti oleh gurunya dan dimakan, setelah itu ya langsung sehat lagi," paparnya.

2

Makanan sehat yang diberikan berupa sayur sup, serta lauk pauk yang bergizi, seperti sosis, nugget hingga telur puyuh yang memang mengandung kalori cukup tinggi. Sehingga, dengan makanan yang bergizi yang diberikan, tentunya akan membantu konsentrasi dan menjaga kondisi siswa saat mengikuti aktivitas pembelajaran.

"Untuk orang tua kita sudah imbau agar sebelum berangkat, kedepannya anak wajib sarapan. Karena itu, ini juga sebagai pembiasaan terhadap anak untuk sebelum berangkat sarapan dulu," jelasnya.

Untuk waktu pemberian makanan sehat, akan diberikan oleh sekolah selama satu minggu lamanya. Disampaikannya juga, jika dalam pemberian makanan sehat ini disambut antusias para siswa. Hal itu terbukti, makanan yang disajikan semuanya telah dihabiskan.

Topik
pembelajaran tatap mukaaplikasi gogrin
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru