Mulai Turun Hujan, Ini 4 Titik Rawan Tanah Longsor di Kota Batu

Sep 13, 2021 13:06
Salah satu kejadian tanah longsor di Kota Batu beberapa saat lalu.
Salah satu kejadian tanah longsor di Kota Batu beberapa saat lalu.

JATIMTIMES - Saat Kota Batu sudah mulai diguyur hujan. Karena itulah warga harus waspada karena bencana longsor mulai mengancam.

Setidaknya ada empat titik desa/kelurahan yang harus ekstra waspada akan bahaya tanah longsor karena merupakan daerah rawan longsor.

Empat lokasi itu ada di Desa Gunungsari, Desa Sumber Brantas dan Desa Tulungrejo. Tiga desa itu seluruhnya ada di Kecamatan Bumiaji. Sedangkan satu desa di Desa Sumberejo di Kecamatan Batu.

Karena itu untuk mengantisipasi bahaya tanah longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melakukan monitoring Early Warning Score (EWS) yakni sistem pendeteksian dini tanah longsor yang telah tersebar di beberapa titik rawan longsor.

“EWS ini tersebar di Desa Gunungsari ada di dua titik. Kemudian si Desa Sumber Brantas dua titik. Desa Tulungrejo dan Desa Sumberejo satu titik,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Kemudian bersama masyarakat dan FPRB melakukan kerja bakti untuk membersihkan saluran drainase atau aliran sungai. Pengecekan dan perawatan peralatan untuk penanganan jika terjadi bencana.

“Lalu kami juga melakukan pemetaan pemasangan rambu rawan tanah longsor dan banjir,” tambahnya, Senin (13/9/2021). Selain itu juga meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana melalui lomba desa/kelurahan tangguh bencana.

Bukan hanya itu saja tetapi juga sosialisasi, edukasi, dan simulasi bencana alam bagi forum guru SLB se-Malang Raya untuk pengurangan risiko bencana. Juga penyusunan rencana penanggulangan bencana.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan hati-hati dalam menghadapi turunnya hujan dan angin kencang. “Kami meminta ke warga Kota Batu lebih waspada saat hujan turun dan angin kencang,” imbaunya.

Topik
Rawan Longsorlongsor kota batutanggap bencanadangdutan kadiknas bondowoso
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru