Keterisian BOR RS Rujukan Covid-19 di Kota Malang Turun Drastis

Sep 12, 2021 19:00
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui awak media di SMAS Cor Jesu Malang, Sabtu (11/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui awak media di SMAS Cor Jesu Malang, Sabtu (11/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Malang sempat tinggi saat PPKM Darurat pada Juli 2021. Di mana, mencapai 100 persen pada ICU. Namun, saat ini keterisian BOR di Kota Malang pada Rumah Sakit (RS) rujukan mengalami penurunan drastis. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, persentase keterisian BOR di RS Rujukan pada September 2021 ini berada di bawah 30 persen. 

"BOR sudah berkurang banyak. ICU itu 28 persen di rumah sakit rujukan Kota Malang, IGD sekitar 16 persen dan ruang Isolasi 20 persen," ungkapnya kepada JatimTIMES.com. 

Mantan Direktur Utama RSUD Kota Malang ini menjelaskan, penyebab terjadinya penurunan keterisian BOR di RS Rujukan secara drastis disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya, kesadaran masyarakat di Kota Malang terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) saat ini sudah tinggi. Sehingga pencegahan terpaparnya Covid-19 secara mandiri mulai terbangun dari dalam diri masyarakat Kota Malang.

"Kedua, vaksin tentu berpengaruh sekalipun secara tidak langsung. Karena vaksin akan melindungi kita manakala kita terpapar, sehingga kita tidak menjadi sakit," terangnya. 

Sehingga, dengan tidak menjadi sakit, maka tidak perlu melakukan perawatan di rumah sakit. Hal itulah beberapa faktor yang menyebabkan keterisian BOR rumah sakit rujukan turun drastis. 

Sementara itu, sebagai informasi saat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada Juli 2021 persentase keterisian BOR di Kota Malang sangat tinggi. Keterisian BOR di Ruang Isolasi RS rujukan Kota Malang mencapai 87 persen dan BOR Ruang ICU RS rujukan mencapai 100 persen. 

Topik
pasar semenDinkes Kota MalangCovid 19 Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru