Kader PKS Siap Layani Masyarakat untuk Mengakses Program Pemerintah Kota Malang

Sep 12, 2021 17:04
Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Malang, menggelar Webinar Pelayanan Masyarakat(Ist)
Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Malang, menggelar Webinar Pelayanan Masyarakat(Ist)

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Malang, menggelar Webinar Pelayanan Masyarakat. Dalam webinar tersebut, menghadirkan seluruh kader DPD PKS Kota Malang, masyarakat dan juga para pengurus RT maupun RW.

Dalam webinar tersebut, menghadirkan H Rokhmad Sos, Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang, serta Sugito salah satu praktisi pelayanan rakyat. Saat paparan, pria yang juga Wakil Ketua Fraksi PKS  DPRD Kota Malang itu menjelaskan peran dan fungsi dari dewan.

"Tugas Dewan itu melayani masyarakat jadi, sesuai tema ini. Tiga fungsi dewan adalah pembuatan Perda, pengganggaran dan pengawasan. Adapun yang melaksanakan program organisasi Pemerintahan Daerah. Dana yang dari rakyat lewat pembayaran pajak dimanfaatkan untuk rakyat lewat pembangunan," jelasnya.

Di samping itu, pihaknya juga berbicara mengenai bidang kesejahteraan.
Menurutnya, bidang kesejahteraan ada 3 bidang yang pokok yaitu Pendidikan, Kesehatan dan sosial. Dari situ, tentunya setiap masyarakat 
harus mendapatkan pendidikan  dengan bersekolah baik di negeri maupun swasta. 

Bukan hanya itu saja, dari sisi kesehatan masyarakat juga harus membutuhkan keterjaminan, sehingga pemerintah harus hadir bersama instansi terkait, seperti halnya BPJS membantu warganya utamanya yang miskin atau duafa. Pada permasalahan sosial, pemerintah telah hadir dengan program sosial. Hal ini diwujudkan dengan pemberian sembako, BLT ataupun rantang kasih, mencegah adanya kelaparan di masyarakat.

"Permasalahan di masyarakat, karena kurangnya sosialisasi program dan bagaimana cara mendapatkan pelayanan, jadi banyak mungkin yang belum tahu. Lewat webinar ini, selaku dewan memberikan informasi wawasan dalam bentuk pelayanan rakyat sehingga bermanfaat untuk peserta," paparnya.

Siti Aminah, Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial/Kesos DPD PKS Kota Malang, menambahkan, output yang diharapkan dari webinar ini, diharapkan peserta memahami dan mengetahui program-program dari Pemkot. Tak hanya sekedar mengetahui, masyarakat kemudian juga mengetahui bagaimana cara untuk mengakses program-program tersebut.

"Di sini kami harapkan, masyarakat lebih memahami dan mengetahui tentang hak sebagai warga negara terhadap program-program dari pemerintah yang bisa langsung diakses tanpa rasa takut. Anggota PKS bisa menjadi pelayan bagi masyarakat dalam mengakses program-program Pemkot," pungkasnya.

Topik
PKS Kota MalangRokhmad
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru