Curah Hujan Tinggi, Plengsengan Ambrol di Kota Batu Bahayakan Pelayanan Kesehatan

Sep 12, 2021 10:45
Kondisi plengsengan ambrol di Jalan Wukir, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Sabtu (11/9/2021). (Foto: istimewa)
Kondisi plengsengan ambrol di Jalan Wukir, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Sabtu (11/9/2021). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Hujan deras berlangsung cukup lama di Kota Batu pada Sabtu (11/9/2021) hingga Malam hari. Alhasil debit air yang tinggi membuat plengsengan sepanjang 14,5 meter di Jalan Wukir, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu ambrol.

“Kota Batu diguyur hujan cukup lama, meskipun saat ini sudah masuk musim kemarau. Menyebabkan adanya kejadian di sejumlah titik,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Ia menambahkan, saat hujan dengan intensitas tinggi menerjang Kota Batu mengakibatkan debit air meningkat. Membuat dinding saluran drainase ambrol di Jalan Wukir, Kelurahan Temas.

“Ambrolnya karena tidak dapat menahan debit air tersebut. Sehingga, plengsengan berundak dengan ukuran panjang 14,5 meter, tinggi 5 meter mengalami kerusakan,” tambahnya.

Dengan kejadian tersebut perlu segera dilakukan pembangunan plengsengan, karena lokasi tepat di depan Puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan. Juga perlu dilakukan normalisasi sungai yang tepat berada di depan puskesmas.

“Normalisasi aliran sungai dari pendangkalan maupun sampah yang dibuang di aliran drainase untuk menghadapi musim hujan di Kota Batu perlu segera dilakukan,” ujar Agung.

“Supaya kejadian plengsengan ambrol karena debit air tinggi tidak kembali terjadi,” tambahnya. Agung pun mengimbau kepada masyarakat untuk waspada.

“Jika debit aliran sungai cukup besar dan deras, segera melaporkan kepada pihak berwenang untuk menghindari adanya hal yang tidak diinginkan,” imbau Agung.

Topik
Plengsengan AmbrolHujan DerasHujan Kota Batulongsor kota batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru