P2BA BIPA Unisma Luncurkan Buku Cakrawala Indonesia

Sep 11, 2021 18:21
Peluncuran dan bedah buku Cakrawala Indonesia, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang dilakukan secara daring (Ist)
Peluncuran dan bedah buku Cakrawala Indonesia, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang dilakukan secara daring (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) menyelenggarakan diskusi bedah buku sekaligus peluncuran buku berjudul Cakrawala Indonesia, Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing yang digelar secara daring, Sabtu (11/9/2021). Buku tersebut merupakan bahan ajar bahasa Indonesia bagi penutur asing  tingkat pemula, madya dan mahir. 

Wakil Rektor I Unisma, Prof Drs H Junaidi MPd PhD, menjelaskan, jika bumi ini ditulis oleh tim yang dibentuk Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi dengan surat tugas nomor 76/P44/U.P2BA/R/F.05/IX/2020, tertanggal 21 September 2020.

2

"Dalam surat tugas ini mengamanatkan Ketua Pusat Pengembangan Bahasa Asing dan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (P2BA-BIPA) sebagai koordinator untuk menyusun buku bahan ajar bahasa Indonesia bagi penutur asing," jelasnya.

Dalam surat tugas itu tercantum tim penyusun di antaranya, Elfa Rizki Maharani SPd MPD, Dr Ari Ambarwati MPd dan Prayitno Tri Laksono MPd. Tim penyusun buku tersebut mampu melaksanakan tugas dengan baik, dan bahkan juga melibatkan para mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Indonesia tingkat akhir.

"Kemudian juga mahasiswa Program Pascasarjana. Buku ini hasil dari kolaborasi dosen yang mengampu dengan mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra S1 dan juga mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra S2," jelasnya.

Dalam pelaksanaan penyusunan buku Cakrawala Indonesia itu, membutuhkan waktu selama enam bulan, hingga sampai tersusunlah draft awal. Draft buku tersebut kemudian disunting oleh penyelia, antara lain Dr Busri MPd, Dr Sri Wahyuni MPd. 

"Kemudian diperoleh hasil yang siap cetak dan bekerjasama dengan Unisma press, maka Cakrawala Indonesia, Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing sudah siap dipasarkan," jelasnya.

Sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam proses penciptaan buku Cakrawala Indonesia, Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing, ini pihaknya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim, khususnya P2BA BIPA Unisma, tim penyelia dan pihak lain yang terlibat dalam penyusunan buku.

"Terimakasih semua yang bersusah payah dalam penyusunan buku ini," tuturnya.

1

Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi menjelaskan, jika buku ini merupakan sebuah karya yang monumental. Ini menjadi salah satu pintu atau gerbang Indonesia. Sebab, dari tahun ke tahun mahasiswa asing dari luar negeri di Unisma kian banyak. Dan mereka juga sangat antusias untuk mempelajari bahasa Indonesia.

"Saya terus terang setelah membaca ini, ada tiga buku, pemula, madya dan mahir. Buku ini sangat kompetitif dan memberikan sebuah arti penting dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Dia akan mengenal dirinya, di mana dirinya dan di lingkungan di mana dia berada," tuturnya.

Pada buku yang ketiga, telah berisi materi yang lengkap terkait berbagai hal tentang Indonesia baik budaya dan lainnya. Hal ini tentunya menjadi peluang untuk menjadikan para mahasiswa asing menjadi brand ambassador di negaranya masing-masing.

"Dan Unisma ingin ikut andil dalam membesarkan bangsa dan negara ini dalam kancah internasional. Maka dari itu saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menulis buku ini," pungkasnya.

Topik
Bedah Bukubuku cakrawala indonesiaunisma malangtes cpns kediri
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru