Olahraga Yoga Memberi Dampak Positif Gejala Menopause

Sep 11, 2021 17:24
Ilustrasi yoga (aisquared)
Ilustrasi yoga (aisquared)

JATIMTIMES - Yoga ternyata mempunyai imbas positif terhadap gejala menopause wanita. Hal tersebut seperti yang disampaikan Dosen Fakultas Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ns Henny Dwi Susanti M Kep Sp Kep Mat.

Dijelaskan wanita yang melakukan penelitian dengan judul disertasi “Mediating Effects of Psychological Symptoms and Effects of Yoga on Menopausal Symptoms and Sleep Quality Across Menopause Status in Indonesian Women” ini, bahwa yoga memang berpengaruh positif pada wanita yang mengalami gejala menopause.

Menopause yang terjadi pada wanita, tak pelak memang berpengaruh terhadap kondisi badan. Menopause menyebabkan perubahan fungsi ovarium yang secara otomatis akan mempengaruhi produksi hormon sehingga dapat menyebabkan berbagai keluhan. 

Kondisi tersebut dapat mengganggu lantaran bisa berimbas menimbulkan masalah seperti susah tidur, cemas, suasana hati yang buruk bahkan hingga stress. 

1

Gejala menopause, tak hanya berpengaruh pada jasmani saja, tapi juga rohani. Oleh karenanya, yoga merupakan hal yang tepat dan bisa menjadi salah satu solusi dalam mengurangi gejala menopause yang biasa dirasakan wanita di usia senja.

"Hal ini dapat memberikan efek yang baik yakni meredakan depresi serta mengurangi gangguan tidur yang sering terjadi,” ujarnya.

Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik.

"Setiap gerakan-gerakan yoga mampu memperlancar peredaran darah dan menyeimbangkan hormon," ungkapnya.

Sementara itu, dari penelitian yang dilakukan dosen Ilmu Keperawatan ini, juga menghantarkan dirinya meraih gelar doktor di Taipei Medical University.

Pihaknya berharap, setelah ini mendapatkan kesempatan untuk memberikan yoga exercise secara online pada masa pandemi ini atas ilmu  yang ia pelajari di Taiwan.

"Dengan begitu saya bisa turut membantu meringankan gejala menopause yang biasa ibu-ibu alami,” pungkasnya.

Topik
penggelapan mobil rentalolahraga yogadosen UMM
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru