Sederet Strategi Kota Malang Fasilitasi UMKM untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Sep 11, 2021 14:25
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES  - Masa pandemi covid-19 cukup berdampak di sektor usaha ekonomi. Pelaku isaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam hal ini dituntut lebih berinovasi agar produk yang dihasilkan tetap eksis dan tetap berjalan.

Hal ini menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk terus dioptimalkan. Mengingat, seiring dengan masa pandemi ini, pemerintah pusat juga terus mengharapkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sederet strategi terus dioptimalkan untuk memfasilitasi pelaku UMKM di Kota Malang agar tetap bisa survive di tengah pandemi covid-19. Sehingga, pelaku usaha tak lagi gulung tikar, namun tetap bisa bertahan menjalankan usahanya.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, beberapa strategi Pemkot Malang dalam mengatasi persoalan itu yakni meningkatkan pengelolaan usaha bagi setiap pelaku UMKM di Kota Malang. "Peningkatan kemampuan pengelolaan usaha ini  melalui kegiatan klinik bisnis dan pendampingan usaha (inkubasi bisnis) terus kami lakukan," ujarnya.

Kemudian, peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Dalam hal ini dilakukan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan peningkatan keterampilan dan fasilitasi sertifikasi kompetensi bagi pelaku UMKM.

"Lalu kami lakukan penguatan desain dan teknologi melalui kegiatan riset/inovasi pengembangan produk. Di sini kami juga mendapat bantuan peralatan bekerja sama dengan perguruan tinggi (Universitas Brawijaya Malang dan ITS)," jelasnya.

Tak hanya itu. Proses perizinan usaha juga dipermudah. Termasuk, proses pemasaran bagi setiap produk pelaku UMKM yang juga terus dioptimalkan. Dalam hal ini, memberikan fasilitasi promosi produk UMKM melalui berbagai platform, yaitu podcast, profiling dan sejenisnya.

"Kami juga terus optimalkan penguatan pemasaran melalui kegiatan temu bisnis antara pelaku usaha dengan retail, melalui pameran, hingga kerjasama dengan platform e-commerce," pungkasnya.

 

Topik
Pemkot MalangWali Kota MalangKPH Parengan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru