Bupati Sanusi Sentil Masih Ada OPD yang Sekadar Gugurkan Kewajiban

Sep 10, 2021 19:24
Bupati Malang HM. Sanusi didampingi Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat melakukan sidak di beberapa kantor OPD beberapa waktu lalu.(foto: Istimewa)
Bupati Malang HM. Sanusi didampingi Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat melakukan sidak di beberapa kantor OPD beberapa waktu lalu.(foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Sentilan terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Malang datang dari Bupati H Muhammad Sanusi. Dia menilai selama ini masih ada OPD yang bekerja hanya sekadar menuntaskan kewajibannya dalam melakukan pelayanan masyarakat. Dan hal tersebut, kinerja perangkat di OPD tersebut kurang optimal. 

Walau begitu, Sanusi juga melihat ada beberapa OPD yang telah menunjukkan aksi nyata untuk membuat sebuah inovasi. Hasilnya juga  bisa dirasakan masyarakat. Hal itulah yang  harus terus dipacu agar kinerja seluruh perangkat daerah dapat dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat Kabupaten Malang.

"Saya melihat, mereka hanya sekadar menggugurkan kewajiban dan menghabiskan anggaran tanpa ada inovasi kerja yang lebih baik sebagai pelayan masyarakat. Harus diubah mind set-nya bahwa tugas pemerintah adalah melayani dan memberikan kemudahan kepada masyarakat. Caranya lewat inovasi yang harus terus dikembangkan," ujar Sanusi, Jumat (10/9/2021). 

Menurut dia, inovasi yang dilakukan di daerah dinilai identik dengan arah kebaikan dan kemajuan. Terutama untuk menunjang perekonomian. Saat ini, Sanusi mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang juga tengah berbenah untuk kembali mengungkit perekonomian yang sempat lesu karena pandemi covid-19. 

Salah satu yang ia contohkan adalah melalui produk probiotik asal Kabupaten Malang yang beberapa waktu lalu sudah mulai ekspor ke Tiongkok. Menurut bupati, secara ekonomi, di tengah pandemi covid-19, probiotik memiliki pengaruh yang cukup besar, yakni mampu menghambat penyebaran covid-19.

"Jika seperti itu, maka akan banyak permintaan dan berimbas pula pada ekonomi di Kabupaten Malang yang akan ikut terdongkrak. Ini juga bagian dari sebuah inovasi," ucap Sanusi.

Maka dari itu ia meminta lewat Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) untuk membangun dan mencetak berbagai inovasi yang sesuai dengan perkembangan pembangunan di Kabupaten Malang.

Topik
Bupati Malang HM SanusiPemkab Malanginovasi OPD Kabupaten Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru