PPKM Level 3, Uniga Malang Masih Terapkan Pembelajaran Daring dan Tunda KKN Mahasiswa

Sep 10, 2021 15:17
Wakil Rektor I Bidang Akademik Drs Gunadi MSc PhD saat ditemui awak media di Gedung Pascasarjana Universitas Gajayana Malang, Jumat (10/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JATIMTIMES)
Wakil Rektor I Bidang Akademik Drs Gunadi MSc PhD saat ditemui awak media di Gedung Pascasarjana Universitas Gajayana Malang, Jumat (10/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Kota Malang telah menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Namun meski begitu, tak semua lembaga pendidikan memilih untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Salah satunya seperti Universitas Gajayana (Uniga) Malang, yang sampai sekarang masih menerapkan pembelajaran dalam jaringan (daring) dan menunda kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) para mahasiswa.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Uniga Malang Drs Gunadi MSc PhD mengatakan, penerapan pembelajaran daring dilakukan sepenuhnya 100 persen dengan merujuk pada prosedur kesehatan yang telah ditetapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

Meskipun dilakukan secara daring, pihaknya berupaya semaksimal mungkin agar pembelajaran tetap berjalan baik dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia.

"Kami juga melakukan pelatihan kepada dosen, tutorial kepada mahasiswa agar pembelajaran optimal," ungkapnya kepada awak media seusai konferensi pers di Gedung Pascasarjana Uniga Malang, Jumat (10/9/2021).

Dalam penerapannya, sekitar 3.500 mahasiswa yang 20 persennya berada di luar Pulau Jawa dan 170 dosen mengikuti sistem pembelajaran daring. Hal itu merupakan penyesuaian pembelajaran terhadap aturan-aturan yang ada dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19.

Selain itu, demi keberlangsungan sistem perkuliahan daring para mahasiswa dan dosen juga diberi bantuan berupa paket data internet dari pemerintah pusat.

Serta pemberlakuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) gratis bagi mahasiswa, karena telah mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar 100 persen dari biaya kuliah.

"Sumbangan UKT dari pemerintah sebesar biaya yang ditentukan oleh perguruan tinggi, 100 persen," katanya.

Lebih lanjut, pria yang mendapatkan gelar PhD dari Victoria University Melbourne ini menyampaikan, selain penerapan pembelajaran daring, Uniga Malang juga mengeluarkan kebijakan untuk menunda pelaksanaan KKN mahasiswa.

"Karena harus keluar daerah dulu dan melibatkan pihak lain yang mungkin koordinasinya agak sulit," katanya.

Sementara itu, jika dalam berjalannya waktu kondisi pandemi Covid-19 di Kota Malang sudah mulai turun dengan ditunjukkan penurunan level PPKM, akan diberlakukan pembelajaran tatap muka.

"Kami mengikuti arahan Satgas dengan disiplin, kemudian jika level sudah diturunkan prosedur akan dilonggarkan," pungkasnya.
 

Topik
pembelajaran daringpembelajaran tatap mukaKota Malanguniga malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru