Polresta Malang Kota Gunakan Sinovac untuk Vaksinasi Tunawisma, Rencana Digelar Pekan Depan

Sep 09, 2021 20:05
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto (tengah) saat ditemui awak media usai menerima bantuan probiotik di Mapolresta Malang Kota, Selasa (31/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto (tengah) saat ditemui awak media usai menerima bantuan probiotik di Mapolresta Malang Kota, Selasa (31/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Polresta Malang Kota pekan depan berencana melakukan vaksinasi door to door terhadap tunawisma atau seseorang yang tidak mempunyai tempat tinggal menggunakan vaksin Covid-19 Sinovac

"Mungkin minggu depan (pelaksanaan vaksinasi, red). Jenis vaksinnya kita pakai Sinovac lebih aman," ungkap Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto kepada JatimTIMES.com melalui saluran telepon, Kamis (9/9/2021). 

Saat ini kata perwira yang akrab disapa Buher itu, petugas Bhabhinkamtibmas di seluruh wilayah Kota Malang sudah diterjunkan untuk melakukan pendataan agar proses vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar. 

"Masih kita data, babin sudah saya infokan untuk mendata warga-warga dia (tunawisma, red) untuk vaksin door to door," ujarnya. 

Pendataan dilakukan untuk mengetahui terlebih dahulu kondisi kesehatan dan keadaan sehari-hari para tunawisma yang akan divaksin. Karena, beberapa tunawisma kebanyakan juga tidak memiliki Kartu Tanpa Penduduk (KTP). 

Dari pendataan yang dilakukan oleh anggota Bhabhinkamtibmas di lingkup Polresta Malang Kota, untuk sementara ini terdapat 12 orang tunawisma yang terdata dan tersebar di dua wilayah kecamatan berbeda. 

"Baru ada sekitar 12 ya di dua wilayah kelurahan di Klojen sama Sukun yang baru mengirim," tuturnya. 

Nantinya untuk dosis kedua, pihaknya mengaku tidak akan mengalami kesulitan berarti. Pasalnya, Bhabhinkamtibmas di lima kecamatan di Kota Malang sudah melakukan pendataan secara detail. "Nanti kan dikomunikasikan yang bersangkutan ada dimana, kita juga sudah tahu biasanya harian lepas mereka," katanya. 

Mantan Kapolres Batu ini mengatakan, untuk stok vaksin akan disuplai dari Polri. Sedangkan untuk ketersediaan dosis vaksin akan menyesuaikan jumlah tunawisma yang sudah terdata.

"Kalau mobile kan nggak bisa banyak-banyak. Paling kan cuma 30 sampai 50 dosis kita siapkan," terangnya. 

Sementara itu, Buher menyampaikan dengan adanya vaksinasi door to door bagi tunawisma diharapkan dapat menyumbang tingkat herd immunity di Kota Malang. Sehingga potensi penularan Covid-19 semakin berkurang dengan banyaknya masyarakat yang telah divaksin.

Topik
dana Pemulihan ekonomi nasionalPolres Malang Kotavaksin sinovac
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru