Kota Batu Masuk Zona Kuning Covid-19

Sep 09, 2021 19:20
Update situasi covid-19 di Jatim. (Foto: Pemprov Jatim)
Update situasi covid-19 di Jatim. (Foto: Pemprov Jatim)

JATIMTIMES - Kasus konfirmasi positif Kota Batu terus melandai.  Hasilnya, saat ini Kota Batu masuk zona kuning atau risiko rendah pada Kamis (9/9/2021).

Jika pada zona oranye sebelumnya Kota Batu skornya pada 2,28,  kini skor terus meningkat. Peningkatannya ada tambahan 0,22, menjadi 2,5. “Saat ini Kota Batu masuk zona kuning,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu Onny Ardianto.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu, tercatat pada Kamis, tambahan pasien 4 orang. Sehingga jumlah pasien aktif mencapai 42 orang. “Totalnya kasus secara kumulatif sebanyak 3.019,” katanya.

Kemudian juga ada tambahan pasien yang sembuh sebanyak 6 orang. Jadi, jumlah kesembuhan secara kumulatif mencapai 2.720 orang. Sedangkan kasus kematian ada tambahan satu orang sehingga total kumulatifnya 257 orang.

Dari jumlah 42 pasien yang aktif, ada dua orang yang melakukan isolasi mandiri. Kemudian ada 17 pasien isolasi di rumah sakit rujukan Kota Batu. Sisanya 23 orang isolasi di shelter YPPI di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Sehingga kondisi tempat tidur saat ini cukup longgar. “Sementara keterisian isolasi di shelter 23 orang dari 156 tempat tidur yang disediakan. Jadi, menyisakan 113 tempat tidur yang tidak terisi,” tambah pria yang juga kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu ini.

Sedangkan keterisian tempat tidur ICU di rumah sakit rujukan hanya terisi 5 tempat tidur dari 15 tempat tidur yang disediakan. Sehingga masih menyisakan 10 tempat tidur.

“Untuk tempat tidur isolasi di rumah sakit rujukan terpakai 16 tempat tidur dari 136 tempat tidur yang disediakan. Jadi, masih menyisakan 120 tempat tidur,” ucap Onny.

Menurut dia, kasus baru konfirmasi positif sebagain besar berasal dari kontak erat keluarga pasien. Karena itu, warga Kota Batu diimbau tetap disiplin protokol kesehatan dengan 6M. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga Kesehatan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak.

Topik
kota batu zona kuningKasus covid melandaiTrayek bus
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru