Banyak Plafon Stadion Kanjuruhan Jebol, Kapan Direnovasi?

Sep 09, 2021 18:46
Salah satu sisi di area Stadion Kanjuruhan.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Salah satu sisi di area Stadion Kanjuruhan.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES- Pelaksanaan renovasi pada Stadion Kanjuruhan, Kepanjen Kabupaten Malang masih belum jelas. Padahal, berdasarkan pantauan di lapangan, ada beberapa bagian yang dinilai perlu untuk direnovasi. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang pun juga belum dapat memastikan, kapan Stadion Kanjuruhan ini akan dilakukan renovasi. 

Kepala Dispora Kabupaten Malang, Nazaruddin Hasan menjelaskan bahwa saat ini pihaknya baru mengusulkan untuk melakukan renovasi Stadion yang biasanya jadi homebase klub sepak bola asal Malang, Arema FC ini. Ia menyebut, usulan itu ia ajukan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) kali ini. 

"Pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) kami mengajukan untuk biaya pemeliharaan Stadion Kanjuruhan. Tapi tetap tergantung persetujuan DPRD yang terpenting kami sudah mengajukan," ujar Nazar ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (9/9/2021).

Berdasarkan pantauan di lapangan, Berdasarkan pantauan di lokasi, bagian depan Stadion Kanjuruhan nampak memerlukan pembenahan. Langit-langit plafon tampak berlubang. Bahkan, saat cuaca tertentu dengan angin yang sedikit kencang, tak jarang ada beberapa bagian plafon terlihat seperti akan lepas. 

"Perbaikan yang kami utamakan bagian luar dulu. Banyak bagian bolong-bolong. Plafon, gerbang dan sebagainya itu yang kami poles. Bagian dalam itu mungkin di 2022. Kalau PAK waktunya terbatas," terangnya.

Ia belum dapat memastikan terkait berapa besaran anggaran yang akan disetujui untuk memperbaiki Stadion Kanjuruhan. Hanya saja menurutnya, biaya yang diperlukan lebih dari Rp 1 miliar. Namun hingga saat ini juga masih belum ada pembahasan. "Lebih kurang Rp 5 miliar. Belum ada pembahasan juga draf-draf​ pengajuannya," pungkasnya.

Sebagai informasi, Stadion Kanjuruhan menjadi salah satu pusat keramaian di Kabupaten Malang. Biasanya, di hari-hari biasa, masyarakat banyak yang menghabiskan waktu di Stadion Kanjuruhan untuk berkunjung di venue yang dijadikan pasar malam. 

Jika pada Weekend, masyarakat sudah memadati areal Stadion Kanjuruhan sejak pagi, baik untuk berolahraga ataupun sekedar menghabiskan waktu di akhir pekan. Namun, sejak diberlakukannya PPKM, areal Stadion Kanjuruhan menjadi salah satu tempat yang harus ditutup, karena dinilai berpotensi menimbulkan kerumunan. 

Sementara itu, saat ini Dispora Kabupaten Malang juga tengah fokus pada kelanjutan proses pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Tipe B yang ada di areal Stadion Kanjuruhan. 

Topik
Stadion KanjuruhanNazaruddin HasanDispora Kabupaten Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru