Program Prioritas 2022, Bappeda Petakan Penataan RTH Sesuai Aturan Baru

Sep 09, 2021 15:26
Alun-Alun Tugu Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Alun-Alun Tugu Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Malang masih menjadi program prioritas. Terlebih, penyediaan RTH terbilang cukup sulit untuk mencapai target.

Padahal, berdasarkan aturan perundang-undangan nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, sebuah daerah setidaknya harus memiliki minimal 20 persen RTH publik, dan 10 persen untuk RTH private.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Dwi Rahayu mengatakan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Malang masih terus mengoptimalkan realisasi penambahan RTH melalui rencana tata kota. Salah satunya berkaitan dengan RTH publik.

Namun, hal itu kini masih berproses, mengingat bakal mengacu pada aturan baru dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Hal ini berkaitan dengan batasan akan jumlah kebutuhan RTH di setiap daerah.

"Untuk RTH ini masih akan mengacu pada aturan baru, di Kementerian ATR. Karena yang sebelumnya itu minimal 20 persen untuk publik," ujarnya saat dihubungi MalangTIMES, Kamis (9/9/2021).

Dwi menambahkan, RTH Publik di Kota Malang hingga saat ini memang masih jauh dari target awal. Nantinya, dengan aturan yang baru akan disesuaikan kembali perhitungan terkait perluasan RTH di setiap daerah.

"Dari Kementerian ATR itu nanti akan dilakukan perhitungan, seperti berapa persen di setiap daerah untuk nanti perhitungan RTH itu," jelasnya.

Saat ini, menurut Dwi, RTH publik di Kota Malang masih berada di kisaran 4 persen. Hal ini masih terus diupayakan untuk lebih banyak. Di tahun ini, sejatinya Kota Malang menargetkan bisa mencapai 8 persen RTH.

"Saat ini masih 4 sekian persen. Kalau targetnya, tahun 2021 ini bisa 8 persen. Itu secara global ya. Namun, ada beberapa alternatif nantinya, apakah 20 persen aturan di setiap daerah itu dikalikan total luas lahan atau 20 persen ini dikurangi dari jumlah RTH yang sudah ada," pungkasnya.

Topik
pernikahan di kota malangKota MalangDwi Rahayu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru