Teruji Se-Indonesia, Tugu Tirta Nominasi BUMD Terbaik Nasional

Sep 09, 2021 14:36
Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si (kanan) bersama Direktur Teknik, Ir Ari Mukti MT (Ist)
Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si (kanan) bersama Direktur Teknik, Ir Ari Mukti MT (Ist)

JATIMTIMES - Kerja keras Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, berbuah manis. Upaya dan komitmen Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dalam memberikan pelayanan prima bagi pelanggan serta peran aktif dan kontribusi di bidang SDM dan industri 4.0, berpotensi menghadirkan satu lagi penghargaan prestisius yang bakal membanggakan Kota Malang di pentas Nasional. 

Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang meraih TOP BUMD Awards 2021. Bukan hanya satu kategori, tapi tiga kategori sekaligus diborong instansi yang dulunya bernama PDAM Kota Malang itu. Tiga kategori tersebut yakni, BUMD Perumda Air Minum Terbaik, Top CEO BUMD 2021 serta Top Pembina BUMD 2021.

Ketua Penyelenggara, M Lutfi Handayani, MM, MBA menjelaskan, jika TOP BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan) dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Penilaian ini dilakukan sejak Juli lalu dengan melibatkan dewan juri para professor, doktor, serta para praktisi, konsultan bisnis dan tenaga ahli di bidangnya,” ungkap Ketua Penyelenggara, M Lutfi Handayani, MM, MBA.

“Keberhasilan kinerja BUMD tentu tidak lepas dari peran, kontribusi dan dukungan kepala pemerintahannya. Dengan pertimbangan tersebut, Dewan Juri juga akan menetapkan kepala daerah yang BUMD nya berprestasi dan berkinerja baik, sebagai Top Pembina BUMD 2021,” paparnya.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si bersama Direktur Teknik, Ir Ari Mukti MT menjelaskan, mengenai berbagai inovasi luar biasa Tugu Tirta untuk peningkatan pelayanan air minum Kota Malang. Paparan tersebut dilakukan dihadapan dewan juri yang berkompeten, diantaranya Presiden i-OTDA Prof Dr Djohermansyah Djohan MA, Guru Besar Universitas Padjajaran Prof Dr HM Wahyudin Zarkasy CPA hingga praktisi Melani K Hariman PhD.

Inovasi dan kerja keras Tugu Tirta begitu membuat kagum dewan juri. Sebab, banyak perusahaan air minum daerah lainnya yang melakukan studi ke Tugu Tirta guna belajar dalam manajemen atau pengembangan berbagai program yang ada di Tugu Tirta.

"Kami memiliki SDM yang berkompeten dan selalu menjadi narasumber / mentor / pengajar di event seminar atau pelatihan SPAM dan IT. Termasuk diantaranya menjadi mentor bagi PDAM se-Tanah Air lewat pengembangan bisnis Training Center dan Technology Information Development,” beber Muhlas.

Pada kesempatan yang sama, juga dijelaskan mengenai inovasi baru unggulan Tugu Tirta, yakni ‘Si Raja Air’ yang sukses merajai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang 2021.

“Si Raja Air adalah Sistem Rekayasa Jaringan Air yang digagas untuk penanganan kejadian force majeure air tidak mengalir melalui rekayasa jaringan, tangki bantuan dan terminal air,” terang Ari Mukti menambahkan.

Sebagai informasi, ajang penghargaan ini diselenggarakan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional.

Topik
perumda air minum tugu tirtaKota MalangPDAM Kota Malanglayanan pdam kota malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru