Lapas Tangerang Terbakar, Mahfud MD Ingin Buat LP Baru dari Aset Sitaan BLBI

Sep 09, 2021 08:33
Mahfud MD (Foto: Suara.com)
Mahfud MD (Foto: Suara.com)

JATIMTIMES - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD turut angkat bicara terkait peristiwa kebakaran di Lapas Tangerang Rabu (8/9/2021) dini hari. Mahfud mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk segera membangun lembaga pemasyarakatan (LP) baru.

Ia menyebut pembangunan lapas baru ini nantinya akan menggunakan aset sitaan perusahaan dalam kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI. 

"Saya sudah bicara dengan Kementerian Keuangan. Tanah-tanah dari BLBI yang kami kuasai itu bisa digunakan. Jadi tinggal kami cari anggarannya," tutur Mahfud MD. 

Menteri asal Pamekasan, Madura itu lantas mengatakan nantinya Kementerian Hukum dan HAM agar bisa lebih fokus dalam membangun Lapas baru. Hal ini dilakukan sebagai perbaikan dalam penanganan kapasitas lembaga pemasyarakatan yang dinilai sudah kelebihan warga binaan. 

Sebagai contoh, dari hasil keliling ke sejumlah Lapas saat duduk sebagai anggota DPR periode 2004, setidaknya 1 sel diisi hingga 30 orang. 

"Kita harus membangun LP yang sekarang kondisinya kelebihan. Beberapa kendala yang selama ini seperti pertimbangan anggaran dan lain-lain akan kita atasi melihat kondisi sekarang," kata Mahfud MD.

Di sisi lain, Mahfud juga menyebut pihaknya akan memikirkan upaya lain bagi pengguna narkoba supaya tidak semuanya berakhir menjalani hukuman di Lapas. Pernyataan itu, bukan tanpa sebab disampaikan oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini. 

Pasalnya, hampir 50 persen dari 200 ribuan warga binaan atau narapidana di seluruh Lapas se-Indonesia terlibat kasus narkotika.

"Bayangkan satu kejahatan mendominasi 50 persen, sisanya kejahatan-kejahatan lain," kata Mahfud. 

Mahfud juga mengatakan, kalau yang masuk ke dalam lapas itu bukan hanya bandar saja. Kebanyakan mereka merupakan pengguna atau korban dari peredaran narkoba hingga orang yang terjebak. 

Terlebih, korban tewas dalam kebakaran Lapas Tangerang kemarin itu adalah mayoritas terkena kasus narkoba.

Sementara, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menambahkan jumlah narapidana yang ditampung sudah melebihi batas normal sehingga perlu membangun Lapas baru. 

"Kondisi LP saat ini kelebihan daya tampung dan kami akan membangun LP baru secara bertahap dalam mengatasi ini. Ini program yang sudah kami siapkan," ujarnya.

Seperti diketahui, kebakaran hebat yang melanda Blok C Lapas Tangerang pada Rabu dini hari telah menewaskan 41 warga binaan dan 8 orang lainnya dirawat. Api baru berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 03.15 WIB. 

Topik
kebakaran lapaskebakaran lapas tangeranglapas tangerang terbakarhikmah doaProf Dr Moh Mahfud MD
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru