Komitmen Tingkatkan Kinerja, Sanusi Kunjungi Sejumlah Kantor OPD

Sep 08, 2021 19:13
Bupati Malang HM. Sanusi didampingi Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat melakukan evaluasi di salah satu Kantor OPD Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).
Bupati Malang HM. Sanusi didampingi Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat melakukan evaluasi di salah satu Kantor OPD Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berkomitmen untuk meningkatkan kinerja seluruh perangkat daerahnya. Hal itu disampaikan Bupati Malang, HM. Sanusi saat melakukan kunjungan ke sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kepanjen Kabupaten Malang, Rabu (8/9/2021).

Sanusi didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat dan tim evaluasi kinerja Pemkab Malang melakukan pemantauan dan evaluasi serta pengawasan terhadap  komitmen perangkat daerah (PD).

Menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk menjadi pengungkit Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kabupaten Malang. Serta untuk menuju kualitas kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

Beberapa kantor OPD yang disambangi adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA), Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan di Dinas Kesehatan (Dinkes).

Beberapa hal penekanan Bupati Malang diantaranya terhadap pelaksanaan atau implementasi akuntabilitas informasi kinerja pemerintah daerah di berbagai perangkat daerah.

‘’Dengan kondisi terdampak pandemi selama dua tahun ini tentunya akan menjadi perhatian sehingga akan menjadi penekanan. Semua unsur perangkat daerah itu tentunya menjadi satu komitmen bersama karena perusahaan itu. Tidak akan mungkin Kabupaten Malang mencapai hal yang sangat baik tanpa ada komitmen bersama dari seluruh perangkat daerah sampai di jajaran level paling bawah. Itu dibuktikan dengan adanya Indikator Kinerja Utama di berbagai level,” ujar Sanusi.

Cara yang dilakukan adalah dengan menekankan, sebagai komitmen bersama mulai dari Bupati Malang sampai jajaran paling bawah adalah melaksanakan dan mengukur indikator kinerja individu. Indikator kinerja utama dan indikator kinerja daerah sesuai kewenangan.

"Komitmen yang dibangun itu sebagai satu bentuk kesepakatan bersama sehingga bagaimana ke depan tidak hanya mencapai target namun apa upaya yang dilakukan di dalam mencapai indikator tersebut," imbuh Sanusi.

Semisal, upaya meningkatkan pelayanan publik. Artinya, indikator kinerja tadi ada target. Target itu kalau ditingkatkan tentunya beriringan dengan meningkatkan pelayanan publik. Sehingga secara bersamaan, semua kewenangan yang ada di Kabupaten Malang harus berjalan dan komitmen, konsisten mulai dari perencanaan, pelaksanaan, implementasi dan pertanggungjawabannya. 

‘’Tujuan akhirnya, Kabupaten Malang bisa menyajikan, menyampaikan dan menginformasikan bahwa terjadi satu komitmen dan konsistensi bersama mulai perencanaan, pelaksanaan, penataan keuangan sehingga diwujudkan dengan sistem akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah menunjukkan nilai yang baik dengan Kategori A,” pungkas Sanusi.

Topik
SanusiWahyu Hidayat
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru