Membaca Doa Ini Berkali-kali Hingga Menangis, Ribuan Malaikat Akan Turun

Sep 08, 2021 11:16
Ilustrasi malaikat turun ke bumi (istimewa)
Ilustrasi malaikat turun ke bumi (istimewa)

JATIMTIMES - Doa merupakan sebagai salah satu sarana memohon pertolongan maupun keberkahan Allah SWT. Mengenai doa, terdapat doa yang begitu dahsyat ketika dibacakan dan membuat malaikat yang jumlahnya ribuan turun ke bumi. Doa seperti apakah itu ?, simak ulasannya ini.

Terdapat hal-hal yang membuat malaikat turun ke bumi, salah satunya dengan membaca Al Qur'an. Hal ini sesuai yang diabadikan dalam hadits. USAID bin Hudair menceritakan, suatu hari ketika ia membaca Al Qur'an, kuda miliknya tiba-tiba melompat. Ia kemudian memberhentikan bacaannya dan kemudian membaca lagi. Tapi tak lama kemudian kudanya kembali melompat. 

Kemudian ia kembali berhenti dan berdiri untuk melihat apa yang terjadi. Setelah itu ia melihat di atas kepalanya seperti terdapat pelita yang berada di langit. Usaid kemudian bertanya kepada Rasulullah tentang peristiwa tersebut.

Rasulullah kemudian menjawab, jika "itu adalah malaikat-malaikat yang mendengar (bacaan)mu dengan tekun"(HR Bukhari dan Muslim). Kondisi kedua, adalah bilamana terdapat majelis taklim atau dzikir orang-orang yang bibirnya selalu basah memuji Allah. 

"Allah memiliki malaikat-malaikat yang berkeliling di jalan-jalan, mencari orang-orang yang berdzikir. Dan bila menemukan satu kelompok berdzikir, maka mereka saling memanggil. 'marilah menuju apa yang kalian butuhkan', maka para malaikat itu melindungi mereka dengan sayap-sayap yang membumbung sampai ke langit dunia" (Sahih Muslim).

"Sesungguhnya Allah memiliki malaikat-malaikat yang berjaga-jaga terhadapmu, yaitu malaikat malam dan malaikat siang. Mereka berkumpul (sebelum berpisah) pada (waktu) salat subuh dan salat asar. (Malaikat) malam menuju langit. Lalu tuhan mereka bertanya, dan sebenarnya dia maha mengetahui, tentang mereka : 'bagaimana kalian meninggalkan hamba-hambaku'. Maka mereka menjawab: 'kami meninggalkan mereka dalam keadaan salat dan kami jumpai kembali mereka dalam keadaan salat'" (HR Bukhari dan Muslim).

Sebagai umat muslim, kita tahu jika hari Jumat merupakan hari yang istimewa. Hari itu malaikat turun ke bumi. "Apabila datang hari Jumat, para malaikat berdiri di pintu masjid mencatat yang hadir satu demi satu. Dan apabila imam telah tampil (untuk khutbah) maka para malaikat menutup buku-buku mereka dan duduk tekun mendengar khutbah,"(HR Bukhari dan Muslim).

Selain beberapa kondisi yang dipaparkan dimana malaikat datang, juga terdapat lantunan doa nabi yang membuat malaikat turun. Pada pernah badar, malaikat turun ke bumi membantu Rasulullah. Salah satu sahabat, Abbas berkata, "pada hari berkecamuknya perang badar aku mendengar Malaikat yang mengenakan sorban putih berseru 'majulah haizum'. Haizum merupakan kuda perang malaikat Jibril yang juga dibenarkan Ibnu Al Absi.

Turunnya malaikat ke bumi tersebut buka tanpa sebab, merek turun atas doa Rasulullah. Imam Ibnu Katsir menjelaskan, meriwayatkan dalam sebuah kita dari Imam Ahmad, mengenai doa yang mustajab. Doa ini ketika dibaca dengan menangis, rasa tulus serta dibaca berulang-ulang kali, maka ribuan malaikat akan turun. Doa tersebutlah yang dibaca Rasulullah sehingga ribuan malaikat turun untuk membantunya.

Rasulullah mengangkat kedua tangannya dan berdoa," Ya Allah, penuhilah apa yang engkau janjikan kepadaku. Ya Allah, jika sekelompok umat Islam ini binasa, niscaya engkau tidak akan disembah lagi dibumi, selamanya,".
Ia berdoa sembari melihat jumlah pasukan muslim yang hanya berjumlah ratusan dan akan melawan pasukan yang berjumlah ribuan.

Rasulullah pun kemudian membacakan doa tersebut berulangkali sambil menangis, hingga selendang Rasulullah pun kemudian terjatuh. Hal ini juga sempat disaksikan oleh salah satu sahabat, yakni Umar bin Khattab. Melihat Rasulullah menangis, Abu Bakar langsung menghampirinya. Abu Bakar menenangkan dan meyakinkan Rasullullah. 

Ia berkata, "wahai Nabi, cukuplah permohonan kepada Rabbmu. Sesungguhnya ia akan mengunjungi apa yang telah dijanjikannya". Allah pun kemudian menurunkan ribuan malaikat untuk membantu Rasulullah. Hal ini diabadikan dalam firman-nya. 

"Ingatlah ketika kamu mohon pertolongan kepada rabbmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, 'sesunguhnya aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut" (QS Al Anfal 9).

Abu Hurairah mengatakan, malaikat mengunakan tanda buku berwarna merah. Meriwayatkan dari Ibnu Abbas mengatakan, bahwa para malaikat yang menolong Rasulullah mengunakan tanda kain bulu. Sedangkan tanda pada kuda perang, sama seperti tanda pada Malaikat. 

Tanda kehadiran malaikat bertanya dirasakan oleh umat muslim, tapi umat kafir pun juga merasakan hal itu. "Demi Tuhan yang memukul kami bukanlah manusia.Kami merasa ada yang mau mukul tapi kami tidak tahu dari mana datangnya. Yang kami tahu tiba-tiba ada kepala yang yang terpenggal dan terpisah dari badannya".

Topik
manfaat doapenerima bantuan pkhrumah yang didatangi malaikat
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru