Lapas Tangerang Kebakaran, 41 Napi Dinyatakan Tewas dan 73 Lainnya Terluka

Sep 08, 2021 11:12
Lapas Tangeran Terbakar (Foto: CNN Indonesia)
Lapas Tangeran Terbakar (Foto: CNN Indonesia)

JATIMTIMES - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten dikabarkan terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. Sebanyak 41 narapidana (napi) dinyatakan tewas dalam kejadian itu. 

Sementara, 73 napi mengalami luka-luka dan 8 di antaranya luka berat. Api membakar lapas yang berlokasi di Jalan Veteran No 2, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang itu sekitar pukul 01.45 WIB.

Kebakaran terjadi di salah satu blok di dalam lapas tersebut. Kabar ini pun dikonfirmasi oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran yang langsung meninjau kebakaran tersebut.

"Benar tadi sekitar pukul 01.45 WIB ada kebakaran di dalam Lapas Kelas I Tangerang yang terjadi di blok C2. Dan akibat kejadian tersebut ada korban luka dan meninggal. Korban meninggalnya berjumlah 41 orang dan puluhan lainnya luka-luka," ungkap Fadil. 

Kendati demikian, Fadil belum bisa menerangkan penyebab terjadinya kebakaran itu. Berdasarkan keterangan dan penyidikan awal, kebakaran terjadi karena korsleting listrik.

"Kebakaran dugaan awal terjadi karena korsleting listrik. Dan kebakaran itu terjadi selama kurang lebih 2 jam dan sekarang sudah bisa diatasi petugas damkar dan petugas dari Dirjen Pas dan juga kepolisian," lanjutnya.

Ia juga menyatakan kondisi lapas saat ini sudah aman terkendali dan telah kondusif. Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkum HAM) Banten, Agus Toyib menyebut sebagian besar napi dalam kondisi terkunci saat peristiwa kebakaran. 

Hal ini yang diduga menjadi penyebab banyaknya korban meninggal dunia hingga luka bakar.

"Terbakar karena memang kamar semua dikunci. Jadi ada yang tidak sempat dikeluarkan dari kamar," kata Agus. 

Topik
kebakaran lapaskebakaran lapas tangeranghikmah doa
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru