Pembukaan Tempat Wisata Kota Batu Siap Diuji Coba

Sep 07, 2021 19:52
Wisatawan saat swafoto di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat swafoto di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Batu masih level 3, uji coba pembukaan tempat wisata bakal dilakukan. Meskipun nantinya percoban itu dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Pemkot Batu pada Selasa (7/9/2021). Yakni, SE PPKM level 3 nomor 440/ 11/SE/422.104/2021 di Kota Batu.

“Akan dilakukan uji coba protokol kesehatan untuk tempat wisata tertentu, namun dengan ketentuan yang sudah ditata,” kata Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Ketentuannya yakni, harus mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan. Lalu wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

Kemudian bagi anak yang usianya kurang dari 12 tahun dilarang untuk memasuki tempat wisata yang dilakukan uji coba ini. Dan daftar tempat wisata yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sedang pembukaan tempat wisata ini juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Mulai tanggal 7 hingga 13 September mendatang pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan tempat wisata di daerah berlevel 3.

Uji coba pembukaan dilakukan pada 20 tempat wisata di kota dengan Level 3 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dan implementasi platform pedulilindungi. Pelonggaran ini dilakukan karena indikator perkembangan kasus Covid-19 di Jawa dan Bali menunjukkan perbaikan. 

Terpisah Direktur Taman Rekreasi Selecta Sujud Hariadi menambahkan, jika pihaknya sudah mengajukan QR Code ke Dinas Pariwisata Kota Batu untuk Peduli Lindungi.

“Kami sudah siap sewaktu-waktu jika diperbolehkan untuk buka. Segala persyaratan, sertifikat CHSE dan vaksinasi seluruh karyawan sudah kami lakukan,” katanya.

Topik
pariwisata kota batuprobiotik pro em 1Walikota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru