Server Sempat Down di Hari Pertama SKD Tes CPNS Kota Malang, Wali Kota Sutiaji: Problem dari Pusat

Sep 06, 2021 09:21
Peserta SKD CPNS Kota Malang saat skrining awal sebelum masuk area ruang tes, Senin (6/9/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Peserta SKD CPNS Kota Malang saat skrining awal sebelum masuk area ruang tes, Senin (6/9/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tes CPNS Kota Malang tahun 2021 di hari pertama (Senin, 6/9/2021) sempat mengalami server down. Peserta yang telah dijadwalkan untuk mengikuti tes di pagi hari harus menunggu kurang lebih 20 menit sebelum masuk ke ruang tes di Gedung Islamic Center, Arjowinangun.

Wali Kota Malang Sutiaji melakukan peninjauan langsung di hari pelaksanaan tes kali ini. Beberapa peserta tampak juga disapa, saat tengah proses regristasi sebelum masuk ke area seleksi.

Menurutnya, kejadian server down kali ini terkendala dari pusat. Namun, dipastikannya semua peserta tidak akan mengalami pengurangan waktu pengerjaan tes SKD.

"Trobelnya bisa jadi dari pusat, karena saya pastikan di sini tidak ada masalah jaringan. Sudah saya lihat, saya timer saat akan masuk itu berapa menit, dalam 1 menit itu bisa 6 orang yang selesai," ujarnya.

Dengan begitu, dijelaskan Sutiaji, proses tes SKD peserta tetap tidak akan mengurangi waktu yang ditetapkan yakni selama 100 menit pengerjaan soal. Sebab, kendala bukan pada peserta yang datang terlambat, melainkan sistem yang memang mengalami masalah.

"Mulai tes kan jam 08.00 tetap tepat waktu dan selesai dalam 100 menit itu masih ada tenggat waktu sebelum masuk. Seandainya itu ada pergeseran, saya pastikan jangan sampai mengurangi jatahnya anak-anak yang menjalani tes," jelasnya.

Meski, kata Sutiaji, sempat ada peserta yang kesulitan untuk skrining awal sebelum masuk ke area ruang tes. Hal itu karena terkendala dari foto yang bersangkutan resolusinya terlalu kecil.

"Tadi ada yang fotonya terlalu kecil, tidak tertangkap monitor. Tapi sudah tidak masalah, tetap bisa masuk," terangnya.

Perlu diketahui, untuk pelaksanaan SKD CPNS di Kota Malang hari ini dijadwalkan sebanyak 1.050. Di mana, tes dibagi menjadi 3 sesi, yakni pagi, siang, dan sore. Peserta di tempatkan di ruang ujian di hall di lantai 2 Gedung Serbaguna Islamic Center. 

Sesi 1 dimulai pada pukul 08.00 – 09.40 WIB. Sesi 2 dimulai pada pukul 11.00 – 12.40 WIB. Kemudian Sesi 3 dimulai pada 14.00 – 15.40 WIB. Rata-rata per sesi tes, diisi oleh 300-an peserta SKD.

Sebelum masuk ke dalam ruangan, peserta CPNS harus melakukan skrining pengecekan hasil tes PCR Swab 2x 24 jam atau Swab Antigen 1 x 24 jam, dan vaksin Covid-19, beserta surat deklarasi sehat, dan lainnya.

Sebagai informasi, total peserta SKD CPNS Kota Malang sebanyak 4.248, mereka dibagi jadwal menjalani tes selama 5 hari yakni mulai 6 - 10 September 2021. Jumlah ini adalah peserta yang memilih lokasi tes di Kota Malang. Sementara yang memilih lokasi di luar Kota Malang berjumlah 455 orang.

Topik
tes cpnsTes CPNS Kota Malangtes cpns molorwudhu sebelum tidur
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru