Pembangunan GOR Tipe B Kanjuruhan Dilanjut, Anggaran Disiapkan Rp 5 Miliar

Sep 05, 2021 18:42
Kondisi GOR Tipe B saat ini yang berada di areal Stadion Kanjuruhan, Kepanjen.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kondisi GOR Tipe B saat ini yang berada di areal Stadion Kanjuruhan, Kepanjen.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pembangunan gedung olahraga (GOR) Tipe B di areal Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang bakal dilanjut. Bahkan dalam kelanjutan tahap ini, pembangunan GOR tersebut ditargetkan rampung tahun 2021 ini. Meskipun, anggaran yang dialokasikan pada tahap ini juga dikurangi, karena dampak refocusing.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang Nazarudin Seliant menjelaskan, pada awalnya anggaran yang dialokasikan untuk melanjutkan pembangunan GOR Tipe B itu tahun 2021 ini sebenarnya adalah sebesar Rp 10 miliar. Namun karena dampak refocusing, anggarannya pun dikurangi menjadi Rp 5 miliar.

"Awalnya Rp 10 miliar, eh tahu-tahu ada refocusing. Dikurangi Rp 5 miliar. Ya sudah akhirnya Rp 5 miliar itu yang kita lanjutkan," ujar pria yang akrab disapa Nazar ini melalui sambungan telepon, Minggu (5/9/2021).

Saat ini, rencana pembangunan GOR Tipe B tahap II ini sedang dalam proses lelang. Menurut mantan Kepala Satpol PP ini, proses lelangnya pun juga hampir selesai, dan sedang dalam proses sanggah. Dan jika masa sanggah ini selesai, menurutnya akan segera dilanjutkan proses pengerjaannya. 

"Ya targetnya harus tahun ini dirampungkan yang Rp 5 miliar itu yang kita teruskan. Kalau harapan saya, harus akhir Desember 2021 ini selesainya. Karena 2022 agar bisa dianggarkan lagi untuk tahap selanjutnya," terang Nazar. 

Namun menurutnya juga tidak menutup kemungkinan bahwa anggaran tersebut bakal ditambah melalui mekanisme perubahan anggaran keuangan (PAK) yang saat ini sedang dalam proses pembahasan. Hanya saja, dirinya tidak mau ambil risiko, jika misalnya, penambahan anggarannya terlalu besar. 

Sebab, jika anggarannya ditambah dengan nilai yang besar, dikhawatirkan penambahan volume pekerjaan juga terlalu banyak. Mengingat saat ini juga sudah memasuki akhir tahun 2021. 

"Gak tahu lagi nanti ditambah di PAK atau tidak. Tapi kalau terlalu besar juga tidak bisa, rentan. Artinya, kalau tambahnya besar, maka volume pekerjaannya juga besar, nah khawatir enggak sampai waktunya. Tahun ini kan harus selesai Desember," pungkasnya. 

Sebagai informasi, GOR tipe tersebut rencananya dibangun untuk memfasilitasi beberapa cabang olahraga (cabor) indoor. Seperti bulu tangkis, basket dan tenis indoor. Sementara sebelumnya, pembangunan GOR tipe B tersebut dianggarkan melalui APBN pada tahun 2019. Anggarannya sebesar Rp 14 miliar. 

Topik
Proyek mandekDispora Kabupaten Malangbeasiswa tanoto foundation
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru