Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

DLH Kota Malang Hias Sanitary Landfill dengan Vegetasi Tanaman

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Lazuardi Firdaus

04 - Sep - 2021, 18:35

Proyeksi sanitary landfill di TPA Supit Urang, Kota Malang (foto: istimewa)
Proyeksi sanitary landfill di TPA Supit Urang, Kota Malang (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menghias lingkungan sanitary landfill TPA Supit Urang dengan vegetasi tanaman. Hal itu sebagai upaya untuk menurunkan emisi dari tumpukan sampah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT Pengelolaan Sampah DLH Kota Malang, Budi Heryanto mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang berupaya untuk menata lingkungan di sekitar sanitary landfill. Hal itu selain untuk memperindah lingkungan, juga untuk menurunkan emisi yang dihasilkan dari sampah.

“Tujuannya adalah untuk mengurangi emisi karbon, karena sampah adalah salah satu penghasil gas efek rumah kaca,” ungkap Budi, Sabtu (4/9/2021).

Tak hanya sekadar menanam vegetasi tanaman, Budi mengakui bahwa pihaknya sengaja memilih jenis vegetasi yang memiliki daya serap terhadap oksigen dan gas metan. Sehingga vegetasi yang ditanam nantinya juga akan membuat TPA Supit Urang elok ketika dipandang.

“Kalau bisa, namanya TPA tapi lokasinya bisa digunakan sebagai tempat wisata atau pendidikan bagi anak sekolah,” tutur Budi.

Sementara itu, sistem sanitary landfill yang nantinya akan diproyeksikan untuk pengelolaan sampah dianggap cukup tepat. Sebab, dari situ sampah yang menumpuk di TPA Supit Urang akan dikelola dan menghasilkan pupuk, cacahan plastik hingga gas yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar.

“Jadi sanitary landfill itu sebuah sistem pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, ya semoga itu bisa menuntaskan permasalahan sampah di Kota Malang,” jelasnya.


Topik

Lingkungan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Lazuardi Firdaus