DLH Kota Malang Hias Sanitary Landfill dengan Vegetasi Tanaman

Sep 04, 2021 18:35
Proyeksi sanitary landfill di TPA Supit Urang, Kota Malang (foto: istimewa)
Proyeksi sanitary landfill di TPA Supit Urang, Kota Malang (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menghias lingkungan sanitary landfill TPA Supit Urang dengan vegetasi tanaman. Hal itu sebagai upaya untuk menurunkan emisi dari tumpukan sampah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT Pengelolaan Sampah DLH Kota Malang, Budi Heryanto mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang berupaya untuk menata lingkungan di sekitar sanitary landfill. Hal itu selain untuk memperindah lingkungan, juga untuk menurunkan emisi yang dihasilkan dari sampah.

“Tujuannya adalah untuk mengurangi emisi karbon, karena sampah adalah salah satu penghasil gas efek rumah kaca,” ungkap Budi, Sabtu (4/9/2021).

Tak hanya sekadar menanam vegetasi tanaman, Budi mengakui bahwa pihaknya sengaja memilih jenis vegetasi yang memiliki daya serap terhadap oksigen dan gas metan. Sehingga vegetasi yang ditanam nantinya juga akan membuat TPA Supit Urang elok ketika dipandang.

“Kalau bisa, namanya TPA tapi lokasinya bisa digunakan sebagai tempat wisata atau pendidikan bagi anak sekolah,” tutur Budi.

Sementara itu, sistem sanitary landfill yang nantinya akan diproyeksikan untuk pengelolaan sampah dianggap cukup tepat. Sebab, dari situ sampah yang menumpuk di TPA Supit Urang akan dikelola dan menghasilkan pupuk, cacahan plastik hingga gas yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar.

“Jadi sanitary landfill itu sebuah sistem pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, ya semoga itu bisa menuntaskan permasalahan sampah di Kota Malang,” jelasnya.

Topik
Proyek Sanitary Landfilsanitary landfillbantuan ikan koiDLH Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru