Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil di Kota Batu Bisa di Enam Pelayanan Kesehatan Ini

Sep 04, 2021 14:58
Salah satu warga saat divaksin oleh tenaga kesehatan di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu warga saat divaksin oleh tenaga kesehatan di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Demi mencegah penyebaran Covid-19, percepatan vaksinasi Covid-19 juga menyasar pada ibu hamil khususnya di Kota Batu. Untuk itu bagi ibu hamil yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 bisa melakukannya di lima pelayanan kesehatan di Kota Batu.

Lima lokasi itu ada di RS Ibu dan Anak-Haji, dan lima Puskesmas di Kota Batu. Yakni Puskesmas Beji, Puskesmas Batu, Puskesmas Junrejo, Puskesmas Sisir, dan Puskesmas Bumiaji. Dinas Kesehatan Kota Batu pun juga melibatkan bidan di masing-masing desa/kelurahan.

Juga didampingi Penyuluh Keluarga Berencana (PKB). Sekaligus menggandeng Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

“Keterlibatan semua ini supaya vaksinasi berjalan lancar,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu, dr Susana Indahwati. Ia menambahkan, saat ini ibu hamil yang tervaksin Covid-19 sebamyak 50 orang di Koya Batu. Dari jumlah yang ditargetkan sebanyak 690 orang.

“ Sejumlah 50 orang ibu hamil ini sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama,” tambahnya saat dikonfirmasi, Sabtu (4/9/2021). Susan pun mengimbau bagi ibu hamil juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan setempat dan tidak perlu takut untuk vaksinasi Covid-19.

Namun ada beberapa syarat bagi ibu hamil boleh vaksin Covid-19, yakni suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celsius. Tekanan darah di bawah 140/90 mmHg. Apabila hasilnya di atas 140/90 mmHg, pengukuran diulang lagi 5-10 menit kemudian, apabila masih di atas ambang batas tersebut, vaksinasi Covid-19 ditunda.

Lalu usia kehamilan di trimester kedua, atau di atas 13 minggu. Tidak ada tanda-tanda preeklamsia seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, pandangan kabur, dan tekanan darah di atas 140/90 mmHg. Tidak memiliki riwayat alergi berat seperti sesak napas, bengkak, atau bidur di seluruh tubuh.

Bagi ibu hamil dengan penyakit penyerta atau komorbid seperti jantung, diabetes, asma, penyakit paru, HIV, hipertiroid/hipotiroid, penyakit ginjal kronik, atau penyakit liver, penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut.

Kemudian ibu hamil dengan penyakit autoimun atau menjalani pengobatan autoimun seperti lupus, penyakit dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut. Tidak sedang menjalani pengobatan untuk gangguan pembekuan darah, kelainan darah, defisiensi imun, dan penerima produk atau transfusi darah.

Selain itu tidak sedang menerima pengobatan imunosupresan seperti kortikosteroid dan kemoterapi. dan tidak terkonfirmasi positif Covid-19 dalam waktu tiga bulan terakhir.

Topik
Vaksinasi Covid 19surat edaran vaksinasi ibu hamilsusana indahwati
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru