Petisi Boikot Saipul Jamil dari TV & YouTube Usai Bebas dari Penjara, KPI Tegaskan Hal ini

Sep 04, 2021 10:18
Saipul Jamil (Foto:20 hours ago Celebrity Okezone)
Saipul Jamil (Foto:20 hours ago Celebrity Okezone)

JATIMTIMES - Pedangdut Saipul Jamil akhirnya resmi bebas dari penjara Kamis (2/9/2021). Setelah bebas, Saipul Jamil diketahui langsung wara-wiri di televisi dan YouTube. 

Munculnya kembali mantan suami Dewi perssik itu di layar kaca tak lantas membuat semua orang senang. Bahkan, beberapa dari masyarakat tidak setuju dan membuat petisi boikut Saipul Jamil dari tv dan YouTube. 

Bahkan, pagi ini Sabtu (4/9/2021) tagar #BoikotSaipulJamil menjadi trending topic nomor 1 di Twitter. 

Dipantau melalui laman change.org, petisi tersebut bahkan sudah ditandatangani lebih dari 100 ribu orang. Petisi tersebut diawali oleh akun Lest Talk and enjoy yang ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Petisi tersebut berjudul 'Boikot Saipul Jamil Mantan Narapidana Pedofilia, tampil di Televisi Nasional dan Youtube.' Petisi itu menyoroti kasus Bang Ipul, sapaan akrabnya pada 2016 lalu yakni kasus pencabulan anak di bawah umur dan kasus suap.

Menurut akun yang memulai petisi ini, mantan narapidana pencabulan anak tak pantas hadir di televisi untuk konsumsi umum. Lantaran, korban mungkin masih bergumul dalam trauma dan rasa takutnya saat melihat pelaku berseliweran di TV.

“Masyarakat Indonesia dengan tegas MENOLAK!!  Saipul Jamil mantan narapidana pencabulan anak diusia dini (pedofilia) untuk menculnya kembali ke dunia hiburan,” demikian keterangan dari petisi tersebut. 

“Jangan biarkan mantan narapidana pencabulan anak diusia dini (pedofilia) masih berlalu-lalang dengan bahagia di dunia hiburan, sementara korbannya masih terus merasakan trauma,” sambung petisi itu. 

KPI beri tanggapan

Terkait petisi tersebut, pihak Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pun langsung memberi tanggapan. Ketua KPI Agung Suprio mengatakan, KPI tidak melarang sosok seperti Saipul Jamil untuk kembali tampil di televisi.

"KPI punya pedoman standar penyiaran P3SPS yang mengatur tayangan di televisi maupun radio. P3SPS tidak melarang artis ataupun orang yang karena masa lalunya pernah dipenjara, untuk tidak tampil di layar kaca. Jadi saya tegaskan, tidak ada larangan untuk artis yang punya masalah, pernah dipenjara," ungkap Agung. 

Kendati demikian, Agung mengimbau kepada pihak televisi agar saat menayangkan kembali artis yang pernah dipenjara atas kesalahannya tolong ditampilkan agar artis itu menyatakan merasa bersalah atas perilaku yang di masa lalu. 

Topik
boikot saipul jamilnarapidana pedofiliaasusila artiskasus asusiladesa wisata semen
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru