Peringati Bulan Suro, Paguyuban Pedagang Pasar Sayur Karangploso Santuni Anak Yatim

Sep 03, 2021 15:33
Foto bersama Paguyuban Pedagang Pasar Sayur dengan anak yatim (foto: MalangTIMES)
Foto bersama Paguyuban Pedagang Pasar Sayur dengan anak yatim (foto: MalangTIMES)

JATIMTIMES - Memperingati bulan Muharram atau bulan Suro dalam kalender Jawa, Kelompok Pedagang Pasar Sayur Karangploso memberikan santunan kepada anak yatim.

Ketua Paguyuban Pasar Sayur Karangploso, Sumarno mengatakan bahwa pihaknya berusaha terus menebar kebaikan pada bulan Muharram saat ini. Meski saat ini pandemi covid-19 juga belum mereda.

“Di bulan Suro ini kami menyisihkan sebagian rezeki untuk anak yatim, meski saat ini PPKM masih terus berjalan,” kata Sumarno, Jum'at (3/9/2021).

Akan tetapi, Sumarno mengaku bahwa para pedagang pasar sayur Karangploso mengalami penurunan pendapatan di masa pemberlakuan PPKM saat ini. Sehingga, para pedagang hanya berani tengkulak sebanyak 50 persen dari 75 persen sayur yang dijual.

“Pasar sayur Karangploso pengunjung agak menurun. Apalagi di masa PPKM yang masih di perpanjang. Mungkin biasanya 75 persen yang di jual sekarang hanya 50 persen,” ungkap Sumarno.

Alasan kenapa para pedagang hanya tengkulak di bawah dari standar biasanya, Sumarno menjelaskan PPKM cukup mempengaruhi. Sebab, pembeli di pasar sayur Karangploso mayoritas dari pedagang eceran dan kaki lima.

“Biarpun banyak pengunjung tapi tetap menurun omzet pedagang. Karena yang belanja di sini mulai pengecer, pedagang kaki lima dan grosir se Malang Raya,” terang dia.

Oleh karena itu, banyak pedagang yang rela berjualan hingga larut malam untuk mencapai target jualan yang dijajakan.

Disisi lain, Sumarno juga mengingatkan ketika bulan Oktober 2020 lalu atau pada pelantikan paguyuban bahwa pihaknya meminta untuk perluasan parkiran. Selain itu, lapak yang ditempati pedagang juga dirasa sempit.

“Harapan kami ke depan untuk pasar sayur apabila di beri umur panjang akan bisa dikembangkan dan diperlebar karena masih ada 1 lapak di tempati 2 orang,” pungkasnya.

Topik
pasar sayurpedagang berbagiemak mencuriSantunan Anak Yatim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru