Dorong Peningkatan Jiwa Leadership Mahasiswa, FEB Unisma Gelar Workshop Kepemimpinan

Sep 03, 2021 13:16
Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Series 1 dan 2, BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) mewadahi Mahasiswa FEB dengan Acara Leadership dan Management Series 3 bertajuk Tema "Kepemimpinan dan Manajemen dalam Perspektif Rahmatan Lil Alamin (Ist)
Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Series 1 dan 2, BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) mewadahi Mahasiswa FEB dengan Acara Leadership dan Management Series 3 bertajuk Tema "Kepemimpinan dan Manajemen dalam Perspektif Rahmatan Lil Alamin (Ist)

JATIMTIMES - Sebagai kegiatan lanjutan dari Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Series 1 dan 2, BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) mewadahi Mahasiswa FEB dengan acara Leadership dan Management Series 3 bertajuk “Kepemimpinan dan Manajemen dalam Perspektif Rahmatan Lil Alamin”.

Dekan FEB Unisma Nur Diana SE MSi menjelaskan, webinar ini merupakan perwujudan visi misi FEB Unisma. Di mana meningkatkan jiwa leadership dan menciptakan karakter tangguh mahasiswa menjadi tujuan utama FEB.

Karena itu, kegiatan ini kemudian menjadi hal yang wajib dilakukan. LKMM tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana tahun lalu dilaksanakan di Dodikjur selama seminggu lamanya, untuk memberikan wawasan kebangsaan, kedisiplinan dan kepemimpinan, dikarenakan masa Pandemi saat ini harus melalui daring, tetapi ini tidak merubah makna yang ada.

"Dalam series kali ini, pihaknya mengundang bapak Prof Dr Maskuri MSi selalu Rektor Unisma dalam rangka menumbuhkan jiwa Leadership untuk mahasiswa. Kepemimpinan itu muncul dari bakat, karena tidak semua lahir memiliki jiwa leader, kami berharap dengan narasumber yang sangat luar biasa ini, mahasiswa FEB Unisma kelak akan muncul leader-leader yang membanggakan dan mengharumkan nama FEB Unisma," jelasnya.

Lanjut Diana menjelaskan, maka dari itu perlu ditanamkan jiwa leadership mulai saat ini sehingga bisa menghadapi era sekarang 4.0 dan era nantinya. "Disinilah harus merubah diri kita untuk menjadi pemimpin yang visioner. Terakhir beliau menyampaikan sangat berterima kasih kepada Narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan wawasan dan Insight kepada Mahasiswa untuk menjadi leader dimasa depan," tuturnya.

Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri MSi menyampaikan, kepemimpinan dalam Islam harus Amanah, Khitmah (Pelayan), Mas’uliyah dan Ri’ayah. Dirinya berpesan, seorang pemimpin jangan pernah lepas dari sholat lima waktu. Hal inilah yang harus menjadi pembelajaran, bahwa seorang pemimpin harus mempunyai tanggung jawab.

Selain itu, seorang pemimpin harus mengetahui situasi, kondisi dan memiliki prestasi sesuai dengan kemampuan. Seorang pemimpin juga harus memiliki tanggung jawab. Pihaknya mengharapkan mahasiswa harus memiliki prestasi sehingga menciptakan Sumber daya Manusia yang intelektual.

Lebih Lanjut Rektor Unisma ini memberikan semangat kepada mahasiswa FEB Unisma, bahwa cerminan pemimpin Rahmatan Lilalamin adalah kepemimpinan sebagaimana  Rasulullah SAW yang mencerminkan pemimpin harus jujur (shiddiq, integritas). Pemimpin harus terpercaya (amanah, kredibilitas), pemimpin harus cerdas (fathanah, kapabilitas) dan pemimpin harus terbuka (tabligh, transparansi).

“Moralitas dan karakteristik tersebut merupakan sesuatu yang melekat, bukan instan dan spontanitas apalagi dibuat-buat. Karena itu syarat-syarat tersebut kelihatan sangat ketat dan berat, di samping memang bersifat tabiat, tetapi juga kriteria tersebut harus diterapkan secara holistik dan tuntas” jelas Rektor Unisma.

Sementara itu, dalam kegiatan ini diikuti oleh Angkatan 2020 yang dihadiri oleh 900 mahasiswa, baik Program Studi Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah. 

Topik
Universitas Islam Malangdestinasi ekspatriatRektor UnismaMahasiswa Unisma
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru