Bantuan Sosial Tunai Profesi Terdampak PPKM Bakal Disalurkan usai PAK

Sep 03, 2021 11:07
Salah satu warga saat menerima BST profesi terdampak PPKM di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu warga saat menerima BST profesi terdampak PPKM di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemkot Batu bakal kembali memberikan bantuan sosial tunai (BST) profesi periode kedua bagi warga yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Rencananya bantuan tahap dua ini bakal digelontorkan setelah perubahan anggaran keuangan (PAK).

Dari data Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu, yang bakal kembali menerima BST profesi terdampak PPKM sebanyak 3.325 warga. Nantinya penerima akan mendapatkan Rp 300 ribu setiap orang.

Anggaran untuk BST profesi ini akan dialokasikan pada belanja tidak terduga (BTT). Karena itu, saat ini BST profesi tahap kedua belum bisa diberikan kepada penerima di Kota Batu karena menunggu PAK.

“Instruksi dari pemerintah pusat, BST profesi terdampak PPKM harus diberikan dua kali. Namun di Kota Batu masih menunggu dianggarkan dalam PAK,” ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan dan Bantuan Sosial Dinas Sosial Kota Batu Kasmari.

Pada tahap dua, anggaran yang digelontorkan tidak jauh berbeda dengan tahap pertama, yakni Rp 997.500.000. Terkait hal itu, Dinsos akan terus berkoordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Batu.

Sementara, Pemkot Batu berencana menambah anggaran belanja tidak terduga mencapai Rp 20 miliar. Tambahan tersebut jauh lebih tinggi mencapai dua kali lipat. Sebab, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021, BTT hanya sebesar Rp 10,8 miliar.

Tambahan mencapai Rp 20 miliar itu akan dimasukkan pada PAK mendatang karena  kondisi pandemi covid-29 masih belum berakhir.

Adanya bantuan tersebut diharapkan mampu membantu perekonomian warga Kota Batu. Terlebih bagi mereka yang terimbas PPKM  yang masih berlangsung hingga saat ini demi menekan angkat konfirmasi positif covid-19 di Kota Batu.

“Semoga bantuan ini bisa membantu perekonomian sehari-hari bagi warga yang terdampak PPKM ini,” ucapnya.

Topik
bantuan sosial tunai profesiPemkot BatuBelanja Tidak Terduga
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru