Sudah Capai 76 Persen, Pemkot Malang Kejar Target Vaksin Booster bagi Nakes

Sep 03, 2021 10:40
Petugas kesehatan saat menyiapkan vaksin covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Petugas kesehatan saat menyiapkan vaksin covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Program booster vaksin covid-19 untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Malang terus dioptimalkan. Hingga saat ini, setidaknya sudah tercatat 76 persen nakes telah divaksin dosis ketiga.

Artinya, dari total sekitar 13 ribu nakes yang harus divaksin dosis ketiga jenis Moderna ini, masih ada 24 persen yang harus dituntaskan. Terlebih, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menargetkan percepatan vaksinasi bisa dituntaskan di akhir September 2021 ini.

"Vaksinasi dosis ketiga atau booster vaksin untuk nakes di Kota Malang sudah 76 persen dari total nakes kita 13 ribuan orang. Jadi, sudah hampir semua," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan vaksin dosis ketiga bagi nakes ini, tidak ada kendala yang signifikan. Prosesnya telah dijadwalkan dan akan dilaksanakan sesuai tahapan yang ditetapkan di masing-masing fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Malang.

Sejumlah 13 ribu nakes yang terdata ini merupakan  yang bertugas di seluruh rumah sakit yang ada di Kota Malang. Termasuk nakes di bawah Pemkot Malang yang bertugas di RSUD Kota Malang dan 16 puskesmas yang ada di Kota Malang.

"Kendala tidak ada, karena ini dibutuhkan nakes. Yang belum kami percepat, paling tidak bulan ini selesai semua," jelasnya.

Lebih jauh, Husnul menyebut dosis ketiga vaksinasi bagi nakes di Kota Malang telah dimulai sejak awal Agustus 2021 lalu. Vaksin booster ini diberikan untuk menambah kembali imunitas atau resistensi tubuh atas paparan covid-19.

Adapun, pelaksanaan vaksinasi pun beragam. Ada yang dilakukan di lingkungan faskes-nya masing-masing ataupun juga dijadwalkan di beberapa rumah sakit di Kota Malang bagi para nakes yang melakukan praktik mandiri. "Booster vaksin di kita sisa 4 ribuan dosis. Jadi, secepatnya kami  akan peruntukkan bagi yang belum," pungkasnya.

Topik
Vaksinasi Covid 19Vaksinasi tenaga kesehatanIQ tinggiDinkes Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru