Wanita Salehah 70 Tahun Disiksa di Neraka, Apa Salahnya?

Sep 03, 2021 09:48
Ilustrasi wanita yang siksa di neraka. (Ist)
Ilustrasi wanita yang siksa di neraka. (Ist)

JATIMTIMES - Dahulu kala, hiduplah seorang wanita salehah yang rajin beribadah kepada Allah SWT. Dalam kesehariannya, ia rajin melaksanakan salat malam, berpuasa, gemar bersedekah dan beramal saleh. 

Namun, meskipun dalam hidupnya begitu banyak amal ibadahnya, wanita tersebut malah dijebloskan Allah SWT ke neraka selama 70 tahun.

Tentunya, Allah memasukkan wanita tersebut ke neraka bukan tanpa alasan. Wanita tersebut dimasukkan neraka karena ia suka menyakiti tetangga dengan lisan atau mulutnya. Ketika hidup, wanita tersebut sering mengumbar kata atau berita yang menjelekkan tetangganya.

Dari channel Tafakkur Fiddin, diriwayatkan Abu Hurairah RA, dahulu sahabat pernah berkata kepada Rasulullah, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya Fulan adalah seorang wanita yang rajin mendirikan salat malam, gemar berpuasa di siang hari, mengerjakan kebaikan dan bersedekah, tapi sering menyakiti tetangganya dengan lisannya." Rasulullah menjawab, "Tidak ada kebaikan padanya, ia termasuk penghuni neraka". 

Mereka para sahabat berkata lagi, "Fulan yang lainnya hanya menjaga salat wajib dan bersedekah dengan beberapa potongan keju tapi tidak pernah menyakiti seorang pun" Rasulullah berkata "Dia adalah penghuni surga."

Lalu, mengenai kisah wanita yang dijebloskan ke neraka itu, berikut kisahnya:

Di sebuah kampung terdapat seorang wanita. Dalam kesehariannya, pernah wanita itu hidup berdampingan dengan seekor kucing. 

Seperti yang kita tahu, kucing adalah salah satu hewan yang suka bergaul dan hidup dengan manusia.  Hal ini menjadikan banyak manusia memelihara kucing. 

Namun berbeda dengan wanita dalam kisah ini. Wanita itu tak begitu suka dengan keberadaan kucing. Ia kemudian mengurung kucing tersebut dalam sebuah kurungan. 

Tidak hanya dikurung. Kucing tersebut kemudian disiksa dan didzalimi oleh wanita tersebut. Kucing tersebut dikurung dan diikat sepanjang hari, bahkan tidak diberikan makan dan minum sama sekali.

Beberapa kali si kucing kemudian mengeong meluapkan rasa lapar dan hausnya. Namun, meskipun mendengar suara kucing yang ia kurung, wanita itu tetap acuh.

 Berjalannya waktu, kucing tersebut kemudian mati. Kucing tersebut telah merasakan penyiksaan dari wanita tersebut. 

Setelah kucing tersebut mati, ia mengadukan nasibnya kepada Allah SWT. Ia mengadukan perbuatan kejam seorang wanita yang menyiksanya. Allah SWT kemudian mendengar pengaduan dari kucing tersebut. Setiap perbuatan buruk yang dilakukan manusia tentunya akan mendapatkan balasan dari  setimpal ketika di akhirat.

Dalam al-Qur`an, disebutkan, “Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya” (Qs. al-Zalzalah: 7-8).

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan bahwa ini adalah wasiat yang sangat bermanfaat yang Allah Ta’ala ceritakan tentang Luqman Al Hakim agar setiap orang bisa mencontohnya. Dosa dan kedzaliman sekecil apa pun, pasti Allah akan memberikan balasannya pada hari kiamat ketika setiap amalan ditimbang. Jika amalan tersebut baik, maka balasan yang diperoleh pun berupa kebaikan. Namun jika amalannya jelek, maka balasan yang diperoleh pun berupa kejelkan. 

“Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.“ (QS. Luqman : 16).

Setelah wanita tersebut meninggal, Allah SWT kemudian menjebloskan wanita tersebut ke neraka yang sangat panas. Rasulullah pun mengkisahkan wanita tersebut disiksa dalam neraka untuk menerima azab pedih, menerima kedzaliman dan dosanya. 

Wanita tersebut menjadi buruan kucing-kucing yang mencakari wajah dan tubuhnya.  Wanita tersebut terus dikejar kucing-kucing yang menyiksa dan mengandangkannya di neraka. Sebaliknya, jika kala masih hidup wanita tersebut melepaskan kucing untuk mencari rezekinya sendiri, tentunya ketika di akhirat, wanita tersebut akan mendapatkan kemudahan.

Topik
Ksah wanita salehah yang masuk nerakakisah islamitempeh lumajang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru