BPJS Kesehatan Berikan Layanan Pandawa di Tengah Pandemi, Peserta JKN-KIS Lebih Nyaman

Sep 02, 2021 15:23
Salah satu peserta JKN-KIS bernama Afifah (60) yang telah menggunakan layanan Pandawa dari BPJS Kesehatan. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)
Salah satu peserta JKN-KIS bernama Afifah (60) yang telah menggunakan layanan Pandawa dari BPJS Kesehatan. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)

JATIMTIMES - Di tengah masa pandemi Covid-19, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan terobosan layanan fasilitas kesehatan yang mudah diakses oleh masyarakat bernama Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa). 

Selain kemudahan yang diberikan, melalui Pandawa masyarakat yang termasuk dalam peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) juga semakin nyaman dan praktis dengan layanan yang mudah dijangkau dalam genggaman handphone. 

Salah satu peserta BPJS Kesehatan yang telah menggunakan layanan Pandawa yakni Afifah (60) mengatakan sangat terbantu dengan adanya layanan Pandawa. 

Selain layanan menjadi praktis dengan melalui aplikasi chatting WhatsApp, Pandawa juga memberikan rasa aman dan nyaman karena tidak perlu bertatap muka dan berkerumun dengan peserta lain di Kantor BPJS Kesehatan. Diharapkan dengan cara seperti itu, dapat mencegah persebaran Covid-19. 

"Awalnya saya sangat bingung harus bagaimana, saya butuh sekali untuk memindahkan kepesertaan BPJS saya karena suami saya sudah meninggal. Tapi saya juga takut kalau harus keluar rumah, apalagi saya sudah berumur, tinggi sekali kemungkinan untuk terpapar Covid kan," ungkapnya dalam keterangan yang diterina JatimTIMES.com, Kamis (2/9/2021). 

Untuk nomor handphone Pandawa setiap kantor cabang BPJS Kesehatan dapat diakses melalui Layanan Chika di nomor handphone 08118750400 atau bisa melalui media sosial BPJS Kesehatan. 

Lebih lanjut, terdapat beberapa layanan yang dapat diakses oleh peserta BPJS Kesehatan di layanan Pandawa. Mulai pelayanan seperti daftar baru, tambah anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah fasilitas kesehatan, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda hingga pengaktifan kembali kartu.

"Saya kira akan rumit, karena saya pribadi sudah tua dan sangat sulit mengoperasikan handphone, tapi ternyata ketika saya coba untuk mengirim pesan ke Pandawa responnya sangat cepat sekali dan pelayanannya mudah. Saya hanya disuruh foto beberapa berkas yang berkaitan dengan tujuan saya," ujarnya. 

Dirinya juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas langkah BPJS Kesehatan yang membuat terobosan inivasi layanan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga dengan memanfaatkan layanan tersebut dirinya bisa lebih aman dan nyaman tanpa ada rasa takut terpapar Covid-19 

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Malang Gandung Sujatmiko mengatakan, dengan adanya layanan Pandawa diharapkan peserta JKN-KIS dapat lebih mudah menjangkau layanan BPJS Kesehatan dari berbagai wilayah di Malang Raya. 

"Peserta juga tidak perlu keluar rumah mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang masih memasuki Zona Merah. Perubahan data dapat dilakukan cukup dari rumah dengan nyaman melalui Pandawa tanpa perlu ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang," pungkasnya.

Topik
BPJS KesehatanBPJS Kesehatan Kota Malangsuku oniLayanan BPJS Kesehatan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru