Punya Keunggulan, Prodi SI Kampus Multikultural Patut Diperhitungkan

Sep 02, 2021 12:00
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)

JATIMTIMES – Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memang merupakan salah satu Prodi yang patut diperhitungkan untuk melanjutkan studi. Selain Prodi pada kampus yang berjuluk Kampus Multikultural itu terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prodi ini juga menerapkan kurikulum  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam proses pembelajaran.

Kepala Program Studi (Kaprodi) SI Syahminan SKom MKom menjelaskan, menempuh studi di Prodi SI, tentunya mahasiswa akan mendapatkan penguasaan teknologi yang mumpuni dari berbagai jenis bidang. Teknologi tersebut diantara adalah perihal website, penguasaan sistem analysist, technopreneurship hingga teknologi mobile internet.

"Pada kurikulum MBKM ini, juga dilakukan pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi lain, salah satunya dengan Universitas Ma Chung," ungkapnya.

Bukan hanya dengan bekal ilmu teoritis pada umumnya saja, namun para mahasiswa Prodi SI juga dibekali dengan kompetensi-kempotensi lain yang memang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Sehingga, dengan begitu kemampuan para lulusan Prodi SI dinyatakan berkompeten pada bidangnya bukan hanya dengan kata-kata, melainkan juga dengan sertifikasi kompetensi dari BNSP.

"Jadi mahasiswa SI minimal dibekali 2 sampai 3 kompetensi yang disetujui BNSP," jelasnya.

Selain itu, dalam proses pembelajaran, pengalaman para mahasiswa semakin terasah dengan kegiatan-kegiatan atau hibah yang didapat. Prodi SI sendiri juga mendapatkan hibah yang didanai oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi. Hal itu dapat berupa bentuk pertukaran Mahasiswa Nusantara, kerja praktik atau magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik, proyek kemanusian dan proyek independen yang semuanya dapat dikonversi menjadi SKS (Satuan Kredit Semester).

Dengan hibah tersebut, mahasiswa kemudian bisa berperan dalam melakukan kreativitas berbasis teknologi dilingkungan masyarakat.
"Peran itu ditunjukkan seperti dengan melakukan Program Kreativitas Mahasiswa, seperti membuat aplikasi Iot atau aplikasi lainnya," ungkapnya.

Disampaikannya juga, SDM prodi SI telah banyak menoreh prestasi membanggakan. Beberapa diantaranya adalah, Juara 4 lomba startup di enterpreneur fest II, juara II dari Grant Kemenpora dalam event Youth Co:Lab Indonesia dan juara harapan 2 lomba startup di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Dengan apa yang telah dibekalkan terhadap para mahasiswa, pihaknya berharap agar nantinya Prodi SI bisa memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan SDM yang mumpuni. Dengan begitu, Prodi Si juga turut berkontribusi menyesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha maupun dunia industri (DUDI).

Sementara itu, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat yang selama pandemi Covid-19 ini dilakukan pelaksanaan perkuliahan secara daring (dalam jaringan), Prodi Sistem Informasi juga memberlakukan sistem perkuliahan daring. 

Pelaksanaan kuliah secara daring pun terasa efektif karena Prodi Sistem Informasi Unikama memiliki aplikasi e-learning dengan nama spade.unikama.ac.id yang digunakan sebagai kegiatan belajar mengajar secara online yang sudah berjalan 1,5 tahun. Sehingga memudahkan mahasiswa dan dosen untuk proses belajar mengajar. 

Untuk meningkatkan pelayanan kualitas layanan pendidikan di Prodi Sistem Informasi setiap semester, Prodi SI mempunyai Gugus Kendali Mutu (GKM) yang bertugas untuk mengontrol dan menjaga mutu disemua standar akademik yang dimiliki. Dengan begitu, mutu layanan pendidikan Prodi SI Unikama dijamin dan selalu ada monitor serta evaluasi internal setiap bulan tentang kegiatan tridarma perguruan tinggi. 

Topik
Universitas PGRI Kanjuruhan MalangUnikamaMahasiswi Unikamacara tidur rasulullahKota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru