Luncurkan Layanan Simpati Makota, Polresta Malang Kota Berikan Kemudahan Masyarakat

Aug 31, 2021 20:43
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat menunjukkan layanan Simpati yang menggunakan aplikasi WhatsApp di Mapolresta Malang Kota, Selasa (31/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat menunjukkan layanan Simpati yang menggunakan aplikasi WhatsApp di Mapolresta Malang Kota, Selasa (31/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Polresta Malang Kota luncurkan layanan berbasis nomor WhatsApp (WA) bernama Simpati Makota. Layanan berbasis nomor WA tersebut semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan di Polresta Malang Kota.

"Jadi kita tidak perlu lagi mendownload di aplikasi dalam satu HP, ini berbasis WhatsApp. Kalau nomor itu disimpan diketik Simpati akan ada layanan menu masalah layanan," ungkap Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto kepada JatimTIMES.com, Selasa (31/8/2021). 

Perwira yang akrab disapa Buher ini menjelaskan, untuk layanan yang ada di Simpati Makota mulai dari masalah layanan SIM (Surat Izin Mengemudi), informasi dan pendaftaran vaksinasi, trauma healing, pendaftaran pemulasaraan jenazah, jadwal menjenguk tahanan, panic button, lokasi kantor polisi dan mobil Arema Police. 

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppy Anggi Khrisna mengatakan, untuk layanan Simpati Makota mulai hari ini Selasa (31/8/2021) sudah bisa dicoba oleh masyarakat luas Kota Malang. 

"Jadi masyarakat tidak perlu repot lagi mengunduh aplikasi lain, jadi kita manfaatkan aplikasi yang ada yaitu WA, untuk nomornya 081232391453," ujarnya. 

Untuk caranya sendiri, kata Yoppy masyarakat tinggal menghubungi nomor WA Simpati Makota dengan menuliskan pesan kepada nomor tersebut dengan kata "Simpati".

"Contoh menjenguk jadwal tahanan, mobil arema police, pendaftaran vaksinasi kemudian jadwal vaksin baik dipisahkan antara AstraZeneca maupun Sinovac serta pendaftaran trauma healing, pemulasaraan, dan lain-lain," jelasnya. 

Yoppy juga mengklaim bahwa layanan berbasis WA seperti Simpati Makota masih baru pertama di Indonesia. "Ini pertama di Indonesia, karena kami cek memang info kita pun pendaftaran di tempat lain gak ada," katanya. 

Untuk mengantisipasi server down, pihaknya juga telah menyiapkan petugas yang bekerja 24 jam di MCC (Malang Command Center) yang ada di Polresta Malang Kota dengan menggunakan jaringan aplikasi Jogo Malang sebelumnya. 

"Itu kan aplikasi sedangkan simpati WA kita cukup pakai WA saja, tapi dua-duanya harus jalan bareng ya," tururnya. 

Terakhir pihaknya berharap dengan diluncurkannya layanan Simpati Makota dapat lebih memudahkan masyarakat Kota Malang dalam mendapatkan layanan dari Polresta Malang Kota dengan berbasis WA.  

"Dengan adanya launching ini masyarakat diharapkan dapat info terkait pelayanan yang ada di Polresta Malang Kota secara lengkap," pungkasnya.

Topik
layanan simpati makotapemerkosanPolresta Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru